*/?>

3 Jenis Beasiswa Keagamaan di UII Yogyakarta 2024

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Jan 2024
Sumber gambar: UII
Sumber gambar: UII

Calon mahasiswa di Universitas Islam Indonesia  (UII) yang beragama Islam tidak perlu khawatir soal biaya kuliah di UII. Mengapa? Karena UII punya sampai tiga jenis beasiswa yang disiapkan untuk mahasiswa-mahasiswa baru yang Muslim - beasiswa tersebut adalah Beasiswa Hafizah Hafiz, Beasiswa Dhuafa dan Beasiswa Santri. Ketiganya diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi di bidang keagamaan yang terhalang kesulitan ekonomi.

Lalu, apa perbedaan dari Beasiswa Hafizah Hafiz, Beasiswa Dhuafa dan Beasiswa Santri? Penjabarannya akan ada di artikel kali ini. Calon mahasiswa UII Yogyakarta akan bisa melihat perbedaan definisi hingga perbedaan manfaat beasiswa ketiganya. Tanpa lama-lama, yuk segera cek di sini!

3 Jenis Beasiswa Keagamaan di UII Yogyakarta 2024

Beasiswa Hafizah Hafiz

Biaya pendaftaran seleksi ini Rp 200 ribu untuk pilihan program studi nonkedokteran dan Rp 400 ribu untuk pilihan program studi kedokteran. Seleksi berdasarkan nilai rapor dan kemampuan hafalan Al-Qur'an minimal 15 Juz. PSB Beasiswa Hafizah Hafiz terbuka untuk program studi kedokteran, hanya untuk lulusan/calon lulusan SMA/MA/pondok pesantren/SMK kesehatan (jurusan IPA) lulusan tahun 2023 atau 2024. Usia maksimal 21 tahun per tanggal 31 Agustus 2024.. Terdapat dua jenis beasiswa yang dapat diterima, yaitu Beasiswa 30 Juz dan Beasiswa 15 Juz. Beasiswa 30 Juz adalah beasiswa yang meliputi pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya uang kuliah, serta bantuan biaya hidup (bulanan).

Beasiswa Dhuafa

Biaya pendaftaran untuk PSB Beasiswa Dhuafa adalah Rp 50 ribu. Diperuntukkan bagi peserta dengan prestasi akademik unggul yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Peserta diperbolehkan memilih hingga 3 program studi, kecuali program studi kedokteran. Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma dan pembebasan biaya uang kuliah.

Beasiswa Santri

Biaya pendaftaran untuk PSB Beasiswa Santri adalah Rp 200 ribu. Peserta dapat memilih hingga 3 program studi, kecuali program studi kedokteran. Seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi unggul dalam ilmu keagamaan, serta penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang baik. Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya uang kuliah, serta akomodasi tempat tinggal di Pondok Pesantren UII (bebas biaya). Selain menempuh pendidikan akademik, peserta seleksi yang menerima beasiswa ini juga akan mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren UII.

Mau daftar ke beasiswa yang mana tahun ini?