*/?>

Politeknik Petrokimia Buka 3 Jalur Pendaftaran Tahun Ini, Ini Syarat Masuknya

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 05 Feb 2024
Sumber gambar: Politeknik Petrokimia
Sumber gambar: Politeknik Petrokimia

Kementerian Perindustrian punya Politeknik Petrokimia yang bisa dibanggakan. Politeknik yang berdiri di Banten ini sudah meluluskan banyak mahasiswa yang sudah dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk masuk dunia industri. Jurusan-jurusan yang dibuka di Politeknik Petrokimia sendiri berjumlah tiga namun terkonsentrasi. Jurusan yang dimaksud adalah D3 Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia, D3 Teknologi Mesin Industri Petrokimia, dan D3 Teknologi Proses Industri Petrokimia.

Mau masuk ke Politeknik Petrokimia tahun ini? Maka kamu harus tahu syarat pendaftarannya. Yuk segera cek di bawah ini agar kamu bisa masuk politeknik satu ini dengan mulus secara administrasi!

Persyaratan Daftar Politeknik Petrokimia 2024

  1. Lulusan SMA atau MA sederajat jurusan IPA.
  2. Jika lulusan dari SMK, diutamakan jurusan: Program studi Teknologi Proses Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Kimia, Kimia Analilis, dan Kimia Industri atau jurusan serumpun. Program studi Teknologi Mesin Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif atau jurusan serumpun. Program Studi Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia: Jurusan Teknik Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Dan Teknik Komputer Jaringan atau jurusan Serumpun.
  3. Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna yang ditunjukkan oleh dokter PNS baik dari Puskesmas maupun RSUD atau RSUP.
  4. Lulusan maksimal 3 tahun terakhir mulai tahun 2022, 2023, dan 2024.

Syarat tambahan khusus untuk Jalur Prestasi:

  1. Sekolah asal dengan akreditasi A.
  2. Juara kelas peringkat 1 sampai 3, dengan rata-rata nilai Matematika, Kimia, Fisika dan bahasa Inggris minimal 80 skala 100 dan rata-rata nilai produktif minimal 80 skala 100 bagi siswa SMK dan dibuktikan dari nilai rapor semester 1 sampai 5.
  3. Atau juara Olimpiade, lomba, kompetisi di bidang akademik atau non akademik, juara 1 sampai 3 dibuktikan dengan piagam penghargaan, sertifikat kejuaraan minimal tingkat provinsi. Catatan tambahan, jika memiliki syarat poin 4 terkait juara olimpiade atau lomba kompetisi, maka syarat tambahan poin 1, 2, dan 3 tidak harus terpenuhi semua, tetapi tetap dilampirkan.