*/?>

7 Fakta Kecerdasan Gajah

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 29 Jul 2020
Sumber gambar : mega wallpaper
Sumber gambar : mega wallpaper

Gajah adalah makhluk yang sangat pintar. Mereka memiliki otak terbesar dari semua hewan darat, dan neuron tiga kali lebih banyak daripada manusia. Otak gajah Asia dan Afrika berada di antara yang tertinggi untuk ekspansi kortikal absolut dan relatif. Otak mereka menunjukkan fitur yang sebanding dengan beberapa Cetacea dan Kera Besar, termasuk manusia. Dengan rata-rata sekitar 5 kilogram, otak gajah Afrika dewasa adalah yang terbesar di antara mamalia darat yang masih hidup. Otak gajah yang baru lahir berukuran kira-kira setengah dari ukuran otak gajah dewasa, menunjukkan periode perkembangan yang berkepanjangan untuk otak di mana lingkungan akan secara signifikan membentuk struktur mikro neuron.

Sementara banyak dari neuron ini ada untuk mengendalikan tubuh gajah yang besar dan tangkas, makhluk-makhluk ini telah menunjukkan kemampuan mental mereka yang mengesankan berkali-kali. Misal dalam sebuah penelitian bertajuk Asian elephants (Elephas maximus) reassure others in distress oleh Joshua M. Plotnik and Frans B. M. de Waal ditemukan bahwa Gajah Asia saling menghibur ketika tertekan. Gajah-gajah dalam penelitian ini menggunakan kontak fisik dan suara vokal, saling membelai dengan belalai dan mengeluarkan suara kecil. Studi ini menyimpulkan bahwa perilaku ini "paling baik diklasifikasikan dengan respons penghiburan yang serupa oleh kera, mungkin didasarkan pada evolusi kapasitas empati yang konvergen." (PDF)

Berikutnya, apa keuntungan dari otak superior hewan mamalia satu ini? Dari banyak kehebatan gajah sebagai mahluk hidup non-manusia, di bawah adalah 7 fakta unik tentang gajah sebagai salah satu binatang yang berada di peringkat atas bersama hewan cerdas lainnya:

  • Gajah memiliki ingatan yang sangat baik. Mereka mengumpulkan dan mempertahankan pengetahuan sosial dan ekologi, mengingat aroma dan suara sejumlah individu dan tempat lain selama beberapa dekade.
  • Gajah dapat membuat diskriminasi halus antara predator, bahkan di antara kelompok orang yang berbeda, menunjukkan bahwa mereka memahami berbagai tingkat ancaman yang dimiliki masing-masing.
  • Perilaku gajah baik di alam maupun di penangkaran menunjukkan bahwa gajah dapat menggunakan ingatan jangka panjang mereka untuk "menjaga skor" dan mengekstraksi "balas dendam" atas kesalahan yang dilakukan.
  • Gajah dapat membedakan tulang-tulang gajah dan tulang binatang lainnya, dan mereka merespons tulang-tulang gajah dengan perenungan khusus yang menunjukkan minat tinggi pada tengkorak dan gading spesies mereka sendiri.
  • Gajah terkenal karena ingatan, kecerdasan, dan sosialitasnya, dan, seperti halnya manusia, sifat-sifat ini membuat mereka rentan terhadap stres dan trauma serta konsekuensi psikologis jangka panjangnya.
  • Gajah menghasilkan berbagai vokalisasi, banyak di antaranya mengandung frekuensi di bawah tingkat pendengaran manusia. Gajah menggunakan sebagian dari panggilan frekuensi rendah yang kuat ini untuk berkomunikasi dengan gajah lain jarak jauh.
  • Gajah juga dapat mendeteksi vokalisasi teman mereka secara seismik. Ketika seekor gajah bersuara, replika yang tepat dari sinyal ini merambat secara terpisah di tanah. Gajah dapat membedakan antara vokalisasi ini melalui kaki sensitif mereka. Mereka dapat mendeteksi tremor bumi, badai petir dan detak kaki binatang yang jauh dengan cara yang sama.