*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Geologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Aug 2020
Sumber gambar : Yale University
Sumber gambar : Yale University

Geologi adalah studi tentang struktur, evolusi dan dinamika bumi serta sumber daya mineral dan energinya. Geologi menyelidiki proses yang telah membentuk bumi melalui 4500 juta tahun sejarah dan menggunakan catatan batuan untuk mengungkap sejarah itu. Tapi geologi tidak melulu soal masa lampau. Mereka yang lulus dengan jurusan ini justru bekerja untuk kehidupan hari ini sembari menerka masa depan! Masih ragu memilih geologi? Berikut 5 alasan mengapa Geologi patut dipertimbangkan sebagai program studi pilihanmu!

Proses Belajar yang Menyenangkan

Jika kamu menikmati bekerja di luar ruangan, kamu akan menemukan bidang ilmu bumi ini sebagai bidang studi yang bermanfaat. Selain itu, geologi, mencakup banyak topik dan akan mendorongmu untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran. Belajar melalui ceramah, kelas praktis dan kerja langsung (misalnya kerja lapangan, esai, sesi praktis) membuat mata pelajaran yang sulit lebih mudah untuk dipahami.

Cocok Untukmu yang Peduli dengan Bumi

Geologi adalah studi tentang Bumi. Ahli geologi mempelajari beberapa masalah yang muncul di tengah masyarakat yang paling penting, seperti energi, air, dan sumber daya mineral; lingkungan; perubahan iklim; dan bencana alam seperti tanah longsor, gunung berapi, gempa bumi, dan banjir. Jika kamu menyukai sains, peduli dengan bumi, terpesona oleh alam, dan suka bekerja di luar ruangan, pertimbangkan geologi!

Berperan Penting Untuk Kehidupan Modern

Ahli geologi juga bertanggung jawab untuk menemukan sumber daya yang kita butuhkan untuk menjalankan masyarakat modern, atau bahkan untuk kelangsungan hidup. Teknologi modern seperti ponsel, komputer, tablet, iPod, DVR, DVD, dan televisi, membutuhkan elemen tanah jarang untuk memproduksi chip memori, prosesor, dan baterai. Bahan bakar fosil seperti minyak bumi sangat berharga; tidak hanya karena kandungan energinya tetapi juga kemampuannya dimanipulasi untuk pembuatan berbagai macam plastik, vinil, teflon, serta pelarut, pupuk, dan bahkan obat-obatan. Akses kita ke air bersih yang dapat diminum tidak hanya bergantung pada kemampuan kita untuk menemukan air, tetapi juga pada pemahaman bagaimana melindungi sumber daya air dari kontaminasi, dan bagaimana membersihkan air yang terkontaminasi.

Menjadi Agent Of Change

Dengan mempelajari geologi, kamu dapat mengantisipasi masa depan bumi dan memeriksa setiap perubahan yang mungkin perlu dilakukan. Contoh kuncinya adalah studi tentang perubahan iklim dan bagaimana masyarakat perlu berubah untuk meningkatkan masa depan bumi. Dengan beralih dari bahan bakar fosil ke energi panas bumi dan sumber terbarukan lainnya, kita dapat mengurangi emisi karbon dan efek pemanasan global.

Profesi Lulusan Luas

Berikut beberapa profesi yang dapat kamu tempuh sebagai lulusan jurusan geologi menurut https://www.ucas.com/explore/subjects/geology adalah:

  • ahli geologi
  • ahli geofisika
  • ahli geokimia
  • insinyur tanah yang terkontaminasi
  • pengukur tanah
  • mudlogger
  • manajer tambang
  • pengeboran dan insinyur mesin
  • surveyor
  • konsultan perubahan iklim dan keberlanjutan
  • ahli hidrologi
  • guru / akademisi
  • penyidik lingkungan