*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Oct 2020
Sumber foto : Mining Cash
Sumber foto : Mining Cash

Akuntan melihat tren keuangan untuk berkonsultasi dengan lembaga nonprofit, pemerintah, dan bisnis tentang cara terbaik melakukan pekerjaan dan menjalankan organisasi mereka. Analisis ini harus mendetail, kompleks, dan padat data, sehingga orang dapat memperoleh wawasan yang berharga darinya. Jika kamu selalu pandai matematika dan kamu menganggap dirimu seorang komunikator terampil yang dapat menyampaikan analisis data kompleks, maka jurusan akuntansi mungkin cocok untukmu. Kemudian, untuk meningkatkan rasa percaya dirimu memilih jurusan akuntansi, yuk cek 5 alasan mengapa memilih jurusan akuntansi akan bermanfaat di kemudian hari!

  1. Karena akuntansi adalah bahasa bisnis, pekerjaan untuk jurusan akuntansi ada di hampir setiap industri. Baik kamu berharap memasuki bidang tertentu, tetap di industri yang sama dalam kapasitas profesional baru, atau menjelajahi beberapa sektor berbeda untuk melihat mana yang paling kamu sukai, gelar akuntansi akan memberdayakanmu untuk bisa melakukannya. Akuntansi bisa menjadi cara yang bagus untuk memenuhi tujuan profesionalmu, terutama jika kamu tertarik pada berbagai bidang, atau persilangan karir yang berbeda. Misalnya, daripada harus memilih antara keuangan dan peradilan pidana, kamu dapat memilih karir di bidang akuntansi forensik yang menggabungkan kedua bidang tersebut. Atau kamu bisa menggabungkan kepentingan akuntansi dan hukum dengan bekerja sebagai akuntan hukum.
  2. Orang yang unggul dalam keterampilan kuantitatif atau memiliki bakat dalam matematika atau uang mungkin secara alami cocok untuk karier akuntansi, tetapi siapa pun dapat mengembangkan kemampuan ini. Berikut beberapa keterampilan terbaik yang dapat kamu kembangkan ketika belajar akuntansi: Kemampuan analitis, Ketajaman bisnis, Kemampuan berkomunikasi, Penalaran kuantitatif, Orientasi detail, Kepemimpinan, Kemampuan organisasi, Kemahiran memecahkan masalah
  3. Bahkan jika perekonomian sedang mengalami penurunan, keterampilan akuntansi akan tetap dibutuhkan. Faktanya, majalah Fortune mencantumkan akuntansi sebagai salah satu karier yang paling tahan resesi. Ketika masa-masa sulit melanda, para pemimpin bisnis mulai memeriksa pekerjaan apa pun yang tidak diperlukan untuk kelangsungan hidup perusahaan mereka. Akuntansi tidak hanya merupakan salah satu departemen paling penting dari setiap perusahaan komersial, tetapi akuntan membantu menyusun strategi di mana untuk mengurangi pengeluaran di saat mendesak.
  4. Dengan menjadi akuntan charted melalui asosiasi global seperti Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), kualifikasimu akan diakui di lebih dari 160 negara; dari Inggris hingga Cina. Dengan demikian, kamu dapat memilih untuk bekerja di luar negeri di berbagai negara berbeda di mana kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang ekonomi global bersama dengan pengalaman yang memperkaya budaya, bahasa, dan gaya hidup. Selain itu, bekerja di Kantor Akuntan Empat Besar global yang memiliki jaringan firma di seluruh dunia juga dapat memberimu peluang untuk perjalanan bisnis internasional.
  5. Sesudah lulus, gelar ahli akuntansimu akan membawamu untuk menjadi : Akuntan, Akuntan bersertifikat, Akuntan manajemen, Akuntan keuangan publik, Sekretaris Perusahaan, Auditor eksternal, Akuntan forensik, Makelar saham, Aktuaris, Manajer pengembangan bisnis, Analis data, Ekonom, Conveyancer berlisensi, Konsultan manajemen, Penasihat hipotek, Manajer pengadaan, Bankir ritel, Penasihat pajak