*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 29 Oct 2020
Sumber gambar : European Research Council
Sumber gambar : European Research Council

“Komunikasi yang baik bisa merangsang seperti kopi, yang membuatmu sulit untuk tidur setelahnya,” kata Anne Morrow Lindbergh, penulis asal Amerika. Sebagai manusia, kita mendambakan koneksi, sosialisasi, dan komunikasi; bahkan orang yang paling tertutup pun perlu berdialog dengan orang lain. Di sinilah ilmu komunikasi masuk dalam bingkai hidup kita!

Ilmu ini sepertinya aneh bukan? Setiap hari kan sudah berkomunikasi, ngapain belajar lagi? Nah, jangan salah. Ada loh perbedaan berbicara dengan teman dan berbicara dalam konteks profesional! Dalam ilmu komunikasi kamu akan dibangun menjadi pembicara handal maupun pemikir handal. Kemampuan tulismu juga akan meningkat seiring latihan yang tak ada habisnya di jurusan ini! Eittss.. tapi keuntungan belajar ilmu komunikasi tidak hanya berhenti di situ saja, loh! Yuk intip 5 alasan mengapa belajar ilmu komunikasi akan menguntungkan masa depanmu!

  1. Teks, panggilan telepon, email, perpesanan, rapat staf, wawancara - daftarnya bisa terus berlanjut dan terintegrasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa yang kebanyakan orang sering anggap remeh justru amat penting di mana keterampilan komunikasi - “soft skill dibutuhkan di semua jenis lingkungan kerja. Selain itu, gelar dalam komunikasi akan memberimu keunggulan dalam pasar kerja yang kompetitif. Laporan baru-baru ini dari CommunicationStudies menjelaskan, “Salah satu masalah terbesar dalam lima tahun terakhir adalah karyawan yang mengirim email alih-alih berbicara dengan, atau paling tidak mengangkat telepon untuk dihubungi, orang yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi, ”Kata Patti Wood, pembicara dan pelatih profesional. “Orang tidak tahu cara mengajukan permintaan secara langsung dan mereka menghindari percakapan yang sulit atau emosional.”
  2. Saat kamu lulus dengan gelar di bidang komunikasi, kamu akan menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari cara efektif untuk menyampaikan ide dan informasi melalui kata-kata tertulis dan lisan. Pendidikan ini akan membantumu memanfaatkan keterampilan komunikasimu sendiri baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi. Kamu akan menjadi terampil dalam menyampaikan argumen persuasif, dalam mendorong dan memotivasi orang-orang di sekitarmu dan dalam menemukan sumber informasi yang kredibel dan berharga. Berpikir, meneliti dan mengkomunikasikan pesan adalah beberapa dari keterampilan yang paling penting - namun mendasar - yang harus dimiliki oleh orang yang berpendidikan, tidak peduli apa industrinya atau peran pekerjaan mereka. Ini adalah keterampilan hidup yang membantumu mempelajari hal-hal baru, membuat keputusan berdasarkan informasi, dan menjaga hubungan interpersonalmu berjalan lancar di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadimu.
  3. Orang tidak selalu mengerti apa yang benar bagi mereka, karena intervensi politik dan iklan melalui media yang berbeda menyesatkan mereka. Mereka semua mulai mencari pemandu yang akan menunjukkan jalan yang benar dan membantah berita palsu. Hanya komunikator sains yang dapat melawan ini, melalui logika dan argumentasi rasional dan membuat massa sadar akan kebenaran melalui wawancara dengan ilmuwan terkenal, mengkomunikasikan berita dari lembaga otentik dan mengelaborasi sains di balik temuan dengan bantuan peneliti, yang juga harus membantu para komunikator sains dengan menyebarkan pengetahuan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.
  4. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang dapat berkomunikasi lebih cenderung dipertimbangkan untuk mendapatkan promosi. Ini berarti bahwa gelar seperti ini dapat meningkatkan peluangmu untuk melangkah lebih jauh di perusahaan. Dengan pemimpin yang baik yang membutuhkan komunikasi, tidak mengherankan jika posisi manajemen cenderung jatuh pada mereka yang mampu melakukannya dengan baik. Mampu berjejaring juga bergantung pada keterampilan komunikasi yang efektif. Artinya, percakapan dengan orang yang tepat di waktu yang tepat dapat melancarkan pekerjaan impianmu!
  5. Kamu tidak harus bercita-cita menjadi jurnalis atau pembawa berita hanya untuk merasa sukses menggunakan gelarmu. Ada sejumlah perusahaan berbeda yang mencari generalis seperti jurusan komunikasi yang dapat dibentuk menjadi profesional yang mereka butuhkan. Beberapa karir yang bisa kamu kejar meliputi: Manajer Hubungan Masyarakat, Manajer Pemasaran, Pemasar media sosial, pengembangan web, Spesialis periklanan, Spesialis Sumber Daya Manusia, Manajer bisnis, Penerbit online, Asisten hukum.

Tertarik pada jurusan satu ini?