*/?>

10 Perguruan Tinggi Geofisika Paling Diminati 2020

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Nov 2020
Sumber foto : Golden Software
Sumber foto : Golden Software

Geofisika adalah aplikasi fisika untuk mempelajari bumi, lautan, atmosfer, dan ruang dekat bumi. Ini adalah subjek luas yang mencakup banyak ilmu utama - fisika, astronomi, ilmu planet, geologi, ilmu lingkungan, oseanografi, dan meteorologi. Banyak ilmuwan yang berbeda dari disiplin ilmu yang berbeda mengklasifikasikan diri mereka sebagai ahli geofisika, termasuk ahli seismologi, ahli meteorologi, ahli glasiologi, ahli geomagnetik, dan ahli geodesi.

Departemen Geofisika mengharapkan jurusan sarjananya untuk menunjukkan hasil pembelajaran tertentu. Hasil pembelajaran ini digunakan untuk mengevaluasi kemajuan mahasiswa, serta program sarjana itu sendiri. Mahasiswa diharapkan untuk:

  • mendemonstrasikan pemahaman mendasar tentang proses fisik yang mengatur struktur dan evolusi Bumi dan sistem planet, termasuk cairan geofisika, bahaya lingkungan, dan energi serta sumber daya air tawar.
  • mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan secara kuantitatif perilaku sistem alam dan prinsip pengukuran geofisika dengan model matematika berbasis fisika.
  • mendemonstrasikan kemampuan untuk melakukan observasi dengan menggunakan berbagai instrumen geofisika dan eksperimen laboratorium serta untuk mengurangi, memodelkan, dan menafsirkan data dan ketidakpastiannya
  • mendemonstrasikan kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil ilmiah asli secara efektif sebagaimana mengevaluasi hasil publikasi dan presentasi orang lain.

Nah, jika kamu berniat menjadi bagian dari jurusan ini, kamu harus sanggup untuk: Menikmati pekerjaan teknis dan Teknik, Dapat berpikiran analitis, Menikmati penerapan fisika dan matematika dengan cara praktis, Memiliki keterampilan komunikasi lisan dan tertulis yang baik, Mampu bekerja secara mandiri atau sebagai bagian dari tim dan Bersedia bekerja di daerah terpencil. Kalau sudah benar-benar yakin, perguruan tinggi mana sih yang jurusan geofisikanya paling diminati? Yuk cek datanya berdasarkan perhitungan kuliahdimana.id: 

  1. Institut Teknologi Sumatera > 463 peminat
  2. Universitas Hasanuddin > 450 peminat
  3. Universitas Padjadjaran > 342 peminat
  4. Universitas Brawijaya> 317 peminat
  5. Universitas Lampung > 313 peminat
  6. Universitas Indonesia > 274 peminat
  7. Universitas Syiah Kuala > 257 peminat
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember > 247 peminat
  9. Universitas Gadjah Mada > 181 peminat
  10. Universitas Bengkulu > 109 peminat