*/?>

Teknik Membaca Cepat: Skimming

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Nov 2020
Sumber gambar : J-Gate
Sumber gambar : J-Gate

Skimming adalah teknik membaca yang menggunakan gerakan mata cepat untuk berpindah dengan cepat dan menemukan kata kunci dalam sebuah teks. Skimming memberi tahumu  informasi umum apa yang ada di dalam suatu bagian dengan lebih efisien waktu.

Kemampuan ini sangat berguna sebagai pratinjau untuk bacaan yang rinci atau saat meninjau konten bacaan yang berat. Kamu bisa menggunakan skimming untuk meninjau bab-bab buku teksmu atau untuk meninjau bacaan panjang kemudian putuskanlah apakah kamu perlu membaca satu bagian lebih serius dari yang lainnya. Misalnya, saat ujian, kamu dapat dengan cepat menemukan inti keseluruhan bacaan hanya dengan membaca cepat. Ini sangat berguna saat kamu harus menyelesaikan soal ujian berbentuk paragraph tanpa harus merasa dikejar-kejar waktu!

Tapi, sebelum kamu mulai membaca skimming, tanyakan pada dirimu apa yang ingin kamu dapatkan dari buku atau artikel yang akan kamu baca. Pikirkan dua atau tiga istilah yang menjelaskan apa yang ingin kamu ketahui, dan saat kamu membaca sepintas, perhatikan dua atau tiga istilah tersebut. Melakukan skimming tanpa tujuan tertentu justru dapat membuatmu kesulitan menyelesaikan bacaan dengan cepat.

Penasaran cara Skimming? Yuk intip tips teknik membaca cepat yang bakal berguna saat ujian ini!

Baca secara vertikal maupun horizontal

Saat membaca skimming,  gerakkan mata secara vertikal sebanyak kamu menggerakkan mata secara horizontal. Dengan kata lain, kamu menggerakkan mata ke bawah halaman sebanyak kamu memindahkannya dari sisi ke sisi.

Berpikirlah seperti penulisnya

Setiap artikel, buku, dan halaman Web ditulis untuk menjelaskan maksud tertentu, dan jika kamu dapat mendeteksi strategi penulis untuk menyampaikan maksudnya, kamu dapat memisahkan yang penting dari materi yang tidak penting selama membaca. Kamu dapat fokus pada materi asli dan bermakna dan melewatkan materi yang hanya mendukung argumen penulis tanpa memajukannya.

Cobalah untuk mendeteksi ide utama dalam paragraf pengantar

Paragraf pengantar biasanya mengungkapkan ide utama, argumen, atau tujuan dari sebuah artikel atau bab. Bacalah paragraf ini dengan cermat. Mereka memberi tahumu apa tujuan penulis, yang dapat membantumu memutuskan sejak awal apakah artikel atau bab itu layak dibaca secara mendetail.

Bacalah kalimat pertama di setiap paragraf

Kalimat pengantar setiap paragraf biasanya menjelaskan apa yang mengikuti dalam paragraf. Saat kamu membaca sepintas, baca kalimat pertama di setiap paragraf, lalu putuskan apakah paragraf lainnya layak dibaca. Jika tidak, tinggalkan saja!

Lewati contoh dan bukti

Penulis sering memberikan contoh untuk membuktikan suatu hal, tetapi jika kamu yakin poin tersebut tidak perlu dibuktikan, kamu dapat mengabaikan contoh tersebut.