*/?>

10 Perguruan Tinggi Daya Tampung Ilmu Keolahragaan Terbesar 2020

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Nov 2020
Sumber gambar : Times Higher Education
Sumber gambar : Times Higher Education

Karir ilmu olahraga berkisar dari peran dalam manajemen dan pemasaran olahraga hingga pelatihan pribadi, fisioterapi, dan konsultasi nutrisi. Apakah kamu ingin terlibat dalam dunia selebritas olahraga internasional? atau ingin membantu semua orang meningkatkan kehidupan mereka melalui partisipasi olahraga? Jika iya, gelar ilmu olahraga dapat memberikan pengetahuan dan pelatihan profesional yang kamu butuhkan!

Sebuah disiplin yang relatif muda, mendapatkan popularitas pada kuartal terakhir abad ke-20, ilmu olahraga mencerminkan keseriusan di bidang olah tubuh. Jurusan ini adalah subjek yang relatif multidisiplin, memanfaatkan bidang seperti fisiologi dan biomekanik untuk mengukur apa yang terjadi dalam tubuh olahragawan; psikologi untuk menganalisis peran pikiran dalam kinerja tubuh; nutrisi untuk membantu atlet mengisi bahan bakar dengan benar; dan manajemen bisnis dan olahraga untuk memahami sisi keuangan dan operasional industri olahraga. Jika dijabarkan, bidang inti tersebut anytara lain:

  • biomekanik - studi tentang gerakan tubuh, yang melibatkan prinsip fisika dan matematika
  • fisiologi - studi tentang bagaimana tubuh dan sistemnya, seperti sistem kardiovaskular, berfungsi selama latihan
  • psikologi - studi tentang bagaimana pemikiran mempengaruhi kinerja.

Mahasiswa dalam program ini dilatih untuk melakukan tes berbasis laboratorium dan lapangan yang menilai kelincahan, komposisi tubuh, daya tahan kardiorespirasi, kekuatan otot, waktu reaksi, dan komponen kebugaran fisik lainnya. Kamu akan belajar menafsirkan metrik ini dan menggunakan bukti berbasis penelitian tambahan untuk mengembangkan program pelatihan olahraga yang efektif untuk klien.

Berniat bergabung? Yuk lihat 10 perguruan tinggi tanah air yang membuka kuota tersebar jurusan Ilmu keolahragaan ini 2020 versi kuliahdimana.id!

  1. Universitas Negeri Padang > 100 kuota
  2. Universitas Negeri Surabaya > 81 kuota
  3. Universitas Negeri Medan > 70 kuota
  4. Universitas Pendidikan Indonesia > 60 kuota
  5. Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang > 48 kuota
  6. Universitas Cenderawasih > 40   kuota
  7. Universitas Negeri Manado > 32 kuota
  8. Universitas Singaperbangsa Karawang > 31 kuota
  9. Universitas Negeri Jakarta > 30 kuota
  10. Universitas Haluoleo > 24 kuota