*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Antropologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Nov 2020
Sumber gambar : Lilandcloe
Sumber gambar : Lilandcloe

Jurusan antropologi mempelajari kemanusiaan, dan mereka meneliti bagaimana linguistik, budaya, biologi dan sejarah membentuk keanekaragaman manusia. Gelar ini mempersenjatai siswa dengan pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Siswa di jurusan ini belajar mengambil ide-ide baru dengan cepat dan mengkomunikasikan ide-ide itu secara efektif. Karena itu, jurusan antropologi membekali lulusannya untuk berbagai pekerjaan di sektor swasta maupun publik.

Apakah kamu penasaran dengan orang lain? Itulah pertanyaan utama yang harus dipertimbangkan oleh calon jurusan antropologi, karena jurusan ini berupaya memahami manusia di masa lalu dan masa kini dengan mempelajari linguistik, budaya, biologi dan sejarah. Selain memiliki rasa ingin tahu terhadap orang-orang, jurusan antropologi juga harus menikmati pemecahan masalah dan mengumpulkan informasi serta wawancara untuk mencapai suatu kesimpulan. Karena mempelajari linguistik adalah bagian penting dari gelar antropologi, calon jurusan antropologi juga harus memiliki apresiasi dan minat pada bahasa.

Jika masih ragu dan masih ingin memantapkan pilihanmu, berikut 5 Alasan Memilih Jurusan Antropologi yang dapat membantumu selangkah lebih maju!

  1. Sebagai mahasiswa antropologi kamu akan didorong untuk melihat dunia "secara holistik," sebagai gabungan dari bagian biologis, sosial dan budaya, dan untuk mengadopsi sudut pandang relativisme budaya dan berusaha untuk memahami keyakinan dan aktivitas individu. Dalam pendidikanmu sebagai mahasiswa jurusan "anthro", kamuakan belajar menggunakan perspektif sebagai alat pemecahan masalah.
  2. Keberagaman pemahaman. Antropologi adalah karier yang mencakup semua jenis orang. Ini adalah disiplin yang tumbuh subur dengan heterogenitas — pada orang, ide, dan metode penelitian. Para antropolog mengetahui kebijaksanaan mendengarkan berbagai suara dan menghubungkan ide yang datang dari para peneliti yang memiliki latar belakang berbeda dan menerapkan berbagai pendekatan dalam upaya mereka.
  3. Keahlianmu dalam antropologi akan membantu membuatmu peka terhadap mosaik perbedaan etnis yang ditemukan di planet Bumi. Kamu akan mempelajari kelompok-masyarakat dunia dari Pasifik, Amerika Utara dan Selatan, Asia, Afrika, Eropa, dan bekas Uni Soviet-serta kelompok etnis Hispanik, Laos, Jepang, dan etnis minoritas lainnya di negaramu sendiri. Paparan cara berpikir dan perasaan antar-etnis akan membantumu memahami beragam motivasi bersaing yang bekerja dalam ekonomi global saat ini.
  4. Penelitian, analisis, dan penulisan adalah semua keterampilan konkret yang dikembangkan melalui kurikulum antropologi, khususnya di sekolah pascasarjana. Sebagian besar perusahaan saat ini mencari keterampilan ini untuk menulis hibah, laporan analitis, komunikasi pemasaran, dll. Kegiatan kursus seperti penulisan etnografi dan makalah teori kritis memberi siswa antropologi keterampilan ini
  5. Terlepas dari jalur mana yang kamu pilih, gelar apa pun dalam antropologi mempersiapkan mahasiswanya untuk berbagai karir. Kamu dapat menggunakan pengetahuanmu tentang studi etnografi dan pemahaman tentang perilaku manusia untuk bekerja di bidang pemasaran, desain atau penelitian pengalaman pengguna, pekerjaan sosial, atau keragaman dan inklusi dalam departemen sumber daya manusia. Jika kamu lebih cenderung ilmiah, kamu dapat melanjutkan untuk belajar kedokteran, menyelidiki kejahatan menggunakan forensik, atau bekerja sebagai ahli biologi.