*/?>

10 Perguruan Tinggi Matematika Daya Tampung Terbesar 2020

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Nov 2020
Sumber gambar : SUU
Sumber gambar : SUU

Jurusan matematika mempelajari aljabar, kalkulus, geometri dan persamaan berbeda yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Mereka juga belajar bagaimana berpikir dan menerapkan fondasi tersebut pada serangkaian masalah yang lebih besar dan lebih kompleks. Matematikawan Jerman Carl Friedrich Gauss menyebut matematika sebagai "ratu sains", karena matematika menjelaskan begitu banyak tentang realitas fisik. Beberapa perguruan tinggi membedakan antara matematika murni dan matematika terapan. Salah satu cara untuk menggambarkan perbedaan antara kedua jenis jurusan matematika ini adalah bahwa matematika terapan adalah matematika yang digunakan secara praktis, sedangkan matematika murni lebih dari apa yang mungkin kamu lihat di film "Good Will Hunting" atau "A Beautiful Mind." Dengan kata lain, matematika murni adalah studi matematika tanpa motivasi utama aplikasi luar.

Bagi kamu yang sudah yakin akan mengambil jurusan ini, berikut data kuota terbesar dari 10 perguruan tinggi tanah air versi kuliahdimana.id untuk membantumu memetakan perguruan tinggi mana yang ingin kamu pilih!

  1. Institut Teknologi Bandung> 158 kuota
  2. Universitas Brawijaya > 80 kuota
  3. Universitas Diponegoro > 70 kuota
  4. Universitas Lampung > 68 kuota
  5. Universitas Negeri Malang > 63 kuota
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Jember, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sriwijaya > 60 kuota
  7. Institut Teknologi Sumatera > 59 kuota
  8. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara > 56 kuota
  9. Universitas Hasanuddin > 54 kuota
  10. Universitas Negeri Medan, Universitas Pattimura > 50 kuota

Pada dasarnya, matematika memungkinkan seseorang untuk menganalisis masalah, mengabstraksikan fitur-fitur esensial, dan menyelidikinya lebih lanjut. Kemampuan ini dapat sangat membantu dalam berbagai bidang seperti ekonomi, hukum, kedokteran, teknik, dan ilmu komputer - serta dalam kegiatan penelitian dan pengajaran yang lebih tradisional. Maka dari itu, lulusannya dapat bekerja di berbagai bidang di mana perhitungan matang dibutuhkan! Tertarik?