*/?>

10 Perguruan Tinggi Jurusan Biologi Paling Diminati 2020

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Dec 2020
Sumber gambar : Medium
Sumber gambar : Medium

Jurusan biologi diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk memahami cara kerja manusia dan organisme hidup lainnya. Banyak di jurusan ini mencari pertanyaan tentang bagaimana dunia di sekitar mereka berfungsi, jadi mahasiswanya harus memiliki rasa ingin tahu terhadap lingkungan mereka. Mereka harus fleksibel, berpikiran terbuka dan siap menghadapi tantangan. Mereka akan dihadapkan pada hal yang tidak diketahui, dan penelitian mereka mungkin menghasilkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Jurusan biologi juga membutuhkan keterampilan analitis yang kuat - dan perut yang kuat, karena pembedahan berlangsung di laboratorium. Mahasiswa di jurusan ini mengambil banyak informasi, yang sekaligus menantang dan memungkinkan mereka membuat keputusan tentang kesehatan dan dunia di sekitar mereka.

Biologi pada dasarnya adalah studi tentang kehidupan, yang merupakan konsep yang sangat luas. Bidang ini mengacu pada banyak disiplin ilmu lain, termasuk fisika, matematika, kimia, geologi, hukum, statistik, psikologi, dan banyak lagi.  Faktanya, tahun pertama atau duamu mempelajari biologi mungkin akan fokus pada kelas 100 level di berbagai bidang. Secara bertahap, seiring kemajuan, kamu  akan mulai mengambil kursus yang lebih terspesialisasi, yang dapat mencakup topik seperti: Anatomi dan fisiologi, Genetika, Iktiologi, Perilaku Hewan, Biokimia, Mikrobiologi, Ekologi, Biologi tumbuhan, Entomologi, dan Genetika populasi.

Di Indonesia, biologi adalah salah satu program studi yang memiliki banyak peminat. Seberapa banyak peminat jika dihitung dengan angka? Berikut jumlah peminat jurusan biologi di 10 perguruan tinggi dengan jumlah peminat paling banyak versi kuliahdimana.id!

  1. Universitas Jenderal Soedirman > 1006 peminat
  2. Universitas Diponegoro > 743 peminat
  3. Universitas Gadjah Mada > 665  peminat
  4. Universitas Negeri Yogyakarta > 639 peminat
  5. Universitas Brawijaya > 636 peminat
  6. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati > 633 peminat
  7. Universitas Negeri Padang > 611 peminat
  8. Universitas Negeri Malang > 588 peminat
  9. Universitas Negeri Medan > 572 peminat
  10. Universitas Jember > 563 peminat