*/?>

Mengenal Program Studi Administrasi Bisnis

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Dec 2020
Sumber foto: The Balance Careers
Sumber foto: The Balance Careers

Gelar administrasi bisnis adalah salah satu program perguruan tinggi paling populer di AS. Berbekal kredensial serbaguna ini, kamu berpotensi dapat memulai karier di industri apa pun, mulai dari musik hingga manufaktur, konstruksi hingga konsultasi. Gelar sarjana dalam administrasi bisnis dapat memberimu kesempatan untuk mengambil peran administratif dan manajerial, sementara mendapatkan gelar MBA akan membantumu mengambil langkah besar ke posisi kepemimpinan seperti CEO atau CFO.

Memang, administrasi Bisnis dirancang untuk memberi mahasiswa landasan akademis yang kuat dalam fungsi bisnis inti termasuk administrasi bisnis umum, akuntansi, keuangan, manajemen proyek, teknologi informasi, sumber daya manusia, pemasaran, bisnis internasional, logistik dan perilaku organisasi. Kompetensi ini cukup fleksibel sehingga setelah lulus, karir di berbagai bidang berbeda mungkin tersedia.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis?

Kelas untuk jurusan administrasi bisnis dimulai dengan kelas pengantar. Mata pelajaran meliputi ekonomi, statistik, akuntansi, pemasaran, manajemen dan organisasi, komunikasi bisnis, dan kewirausahaan. Mahasiswanya kemudian dapat fokus pada tugas yang lebih sesuai dengan minat mereka, atau mereka dapat memilih konsentrasi.

Mahasiswanya dapat mengambil kelas lanjutan dalam manajemen operasi, teori dan praktik manajemen, perilaku organisasi, kewirausahaan hiburan, atau investasi dalam usaha baru. Konsentrasi dapat mencakup sistem informasi dan teknologi, bisnis internasional, kepemimpinan dan manajemen, hukum, keuangan, ilmu kesehatan dan kehidupan, strategi, dan real estat. Beberapa program memungkinkan jurusan administrasi bisnis untuk mengejar gelar ganda di berbagai bidang seperti hubungan internasional, ilmu komputer, atau filsafat.

Kenapa Jurusan Administrasi Bisnis Pilihan Tepat?

Pada dasarnya, apa yang membuat gelar administrasi bisnis bagusĀ adalah sifat umumnya. Lulusan mendapatkan keuntungan dari keserbagunaan gelar dan penerapannya di dunia nyata. Gelar khusus akan menguncimu di segmen tertentu dunia bisnis. Tetapi administrasi bisnis dapat membantu karirmu untuk mulai dengan cepat karena apa yang akan kamu pelajari akan berlaku di banyak industri yang berbeda. Ini bisa menjadi aset yang luar biasa setelah lulus ketika kamu mengambil langkah nyata pertamamu untuk menemukan pekerjaan.

Awalnya, kamu mungkin tertarik dengan administrasi bisnis karena kamu merasa memiliki keterampilan kepemimpinan dan berpikir bahwa kamu dapat mengelola tim dengan sukses, saja? Nah, saat mengikuti program studi ini, kamu akan menemukan bahwa ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan dalam administrasi bisnis daripada sekedar manajemen!