*/?>

UTBK 2021 : Memahami Tes Potensi Skolastik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Dec 2020
Sumber gambar : SMA Negeri 1 Binjai
Sumber gambar : SMA Negeri 1 Binjai

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka tes UTBK Tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) tetapi pada UTBK 2021 tes akan berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA). (TPA sendiri bukan jenis tes baru. TPA sudah digunakan sebelumnya pada UTBK 2019 untuk menguji kemampuan akademik calon mahasiswa).

Nah, pada kesempatan kali ini, yuk memahami ebih dalam apa itu TPS terlebih dahulu sebelum membahas apa itu TPA! Secara garis besar, TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Tes Potensi Skolastik - Penalaran Umum

  • Kesesuaian pernyataan yang menuntut penalaran seseorang dalam memahami isi teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks paragraf).
  • Simpulan logis untuk menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.
  • Penalaran analitik yang menyediakan soal-soal dan meminta peserta menganalisis  serta menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan

Tes Potensi Skolastik - Pemahaman Bacaan

  • Pemahaman isi bacaan yang menguji peserta dalam membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh.
  • Penalaran kebahasaan dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Tes Potensi Skolastik - Pengetahuan Umum

  • Bahasa Indonesia dengan soal-soal yang melingkupi seputar ide pokok, simpulan, kelemahan dan kelebihan paragraf, serta hubungan isi antarparagraf. Serta seputar penulisan kata, penggunaan tanda baca, makna kata, kalimat efektif, konjungsi, serta kata ganti.
  • Bahasa Inggris yang mengharuskan peserta memahami inti atau informasi utama bacaan. Serta mampu membuat kesimpulan berdasarkan fakta-fakta atau informasi yang ada pada teks.

Tes Potensi Skolastik - Pengetahuan Kuantitatif

  • Pilihan ganda dengan tipe soal mengenai logika dasar dan matematika dengan level dasar.
  • Pilihan (1), (2), (3), dan (4) yang menyediakan pertanyaan dan 4 informasi. Peserta menjawab informasi mana yang benar, berdasarkan pernyataan yang diberikan.
  • Analisis kecukupan data yaitu sebuah pertanyaan dan 2 informasi. Lalu, menganalisis informasi mana yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan dapat terjawab.
  • Analisis perbandingan dua nilai adalah sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Peserta menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.