*/?>

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Matematika

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Jan 2021
Sumber gambar : SOJO
Sumber gambar : SOJO

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat menjadi pandai matematika. Lebih banyak orang yang "menghitung" cenderung lebih sehat karena mereka lebih memahami bagaimana angka-angka pada bagan mereka berinteraksi, dan lebih cenderung menggunakan data keras untuk mengevaluasi risiko daripada bukti anekdot dan daya tarik emosional.

Menariknya, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa dalam hal meningkatkan keterampilan matematika, hak praktiklah yang paling penting — bukan bakat. Jika bukan bakat bensinnya, maka bahkan kamu yang benci matematika, bisa sukses, loh! Yuk intip 5 tips untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengerjakan soal matematika! 

Analisis dan Pahami Kesalahan

Budaya kita telah berfokus pada kesempurnaan, dan kita tergoda untuk mengabaikan kesalahan kita. Mungkin saja kamu ingin melewatkan kesalahan yang dibuat pada pekerjaan rumah atau ujianmu dan membiarkannya begitu saja. Tetapi penting untuk memperbaiki kesalahan dan memahami kesalahan itu dapat terjadi; jika tidak, kamu akan ditakdirkan untuk mengulanginya. Luangkan waktu untuk mencari tahu kesalahan apa yang kamu lakukan saat mengerjakan soal-soal itu, dan cari tahu bagaimana melakukannya dengan benar. Tanyakan kepada guru jika kamu kebingungan.

Terus Berlatih

Tidak ada yang membuat kamu  lebih dekat dengan kesuksesan selain berlatih, jadi ambillah semua peluang kehidupan nyata yang kamu dapatkan untuk melenturkan otot matematikamu. Kapan pun kamu menemukan masalah numerik — seperti berapa biaya makan siangmu, atau berapa kilometer jarak yang kamu tempuh dalam sehari — luangkan waktu sejenak untuk mencoba membulatkannya ke atas atau ke bawah menjadi angka yang kamu rasa lebih nyaman, dan coba lah memasukkannya dalam rumus lalu selesaikan.

Mental Math

Mental Math adalah kemampuan untuk menghitung dan memecahkan masalah matematika hanya dengan otak manusia dan tanpa menggunakan kalkulator atau perangkat teknik lainnya. Misal, jika kamu perlu menjumlahkan angka seperti 473 dan 658, ini mungkin tampak menantang. Tapi ada cara mudah untuk melakukannya. Pembulatan adalah kuncinya.

  1. Jadi 473 akan menjadi 480 dan 658-660.
  2. Selanjutnya, tambahkan 480 + 660 = 1140
  3. Namun ada satu langkah lagi - kurangi angka yang telah kamu tambahkan sebelumnya.
  4. Jadi, kamu baru saja menambahkan 7 ke 480 dan 2 ke 658
  5. Artinya, pertama-tama, kamu menjumlahkan 7 + 2 = 9. Sekarang kurangi saja dari 1140.
  6. 1140-5 = 1131. Di sini, sekarang kamu tahu itu!

Bertanyalah pada Guru One-on-One

Atur waktu lain untuk bertanya dengan guru matematikamu. Kegiatan ini akan memungkinkanmu mendapatkan penjelasan atas soal matematika dengan cara yang paling sesuai untukmu. Pengalaman pribadi yang disesuaikan dengan gaya belajar individualmu ini akan membantumu lebih cepat memahami konsep-konsep rumit. Kamu juga mungkin mendapatkan tips yang orang lain belum tentu dapatkan ketika berkomunikasi personal dengan gurumu

Carilah Teman untuk Belajar Bersama

Bahkan Matematika mungkin menyenangkan jika dilakukan bersama teman. Ini membantu membuat koneksi baru atau belajar lebih baik. Apa yang lebih baik dari suasana belajar yang dapat memotivasimu untuk lebih giat belajar, bukan? Belajar selalu lebih baik dilakukan dengan seseorang karena menambah satu sudut pandang pada masalah yang berarti juga aka nada tambahan satu sudut pandang untuk solusi.