*/?>

Siapkan UTBK dengan 4 Teknik Mnemonic ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Jan 2021
Sumber gambar : BNA
Sumber gambar : BNA

Pada artikel kuliahdimana.id Tips untuk Mengingat Apa yang Sudah Kamu Pelajari, ada sedikit penjelasan tentang Teknik Mnemonic, yaitu suatu cara untuk memudahkanmu membagi informasi dalam pola tertentu sehingga dapat diingat dengan lebih efektif. Secara singkat, teknik mnemonic yang dikatakan berfungsi untuk mengarahkan dan membantu ingatan dapat juga diterapkan untuk mempercepat ritme belajarmu menghadapi berbagai macam tes atau ujian!

Yup, karena fleksibelitasnya untuk diterapkan dalam berbagai macam setting belajar, kamu tentu dapat menggunakan cara ini untuk melahap materi latihan soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021! Sudah siap mengencangkan sabuk pengaman dan melaju sukses untuk UTBK 2021? Jika iya, yuk coba terapkan 4 teknik mnemonic di bawah ini sehingga kamu akan lebih mudah belajar!

Information chunking

Adalah strategi mnemonik yang bekerja dengan mengatur informasi menjadi kelompok, frasa, kata atau angka yang lebih mudah dipelajari. Misalnya, menghafal nomor berikut: 47895328463 kemungkinan akan membutuhkan usaha yang cukup banyak. Namun, jika dipotong seperti ini: 4789 532 8463, ini menjadi lebih mudah untuk diingat. Menariknya, chunking adalah salah satu dari beberapa strategi mnemonik yang telah dipelajari pada orang dengan penyakit Alzheimer ringan. Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa chunking dapat membantu dalam meningkatkan memori kerja verbal pada tahap awal demensia.

Akronim atau Akrostik

Biasanya merupakan jenis strategi mnemonik yang paling dikenal. Jika akronim menggunakan rumus sederhana dari sebuah huruf untuk mewakili setiap kata atau frase yang perlu diingat, (Misalnya, pikirkan NBA, yang merupakan singkatan dari National Basketball Association) Akrostik menggunakan konsep yang sama dengan akronimnya, hanya saja alih-alih membentuk "kata" baru, akrostik menghasilkan kalimat yang membantumu engingat informasi. Akrostik yang sering digunakan di kelas matematika adalah: Please Excuse My Dear Aunt Sally. Mnemonik akrostik ini mewakili urutan operasi dalam aljabar dan merupakan singkatan dari tanda kurung, eksponen, perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan.

Metode Koneksi

Salah satu strategi mnemonik yang membantu menyandikan informasi baru adalah menghubungkannya dengan hal lain yang sudah kamu kenal atau ketahui. Ini memberi arti dan membuatnya lebih mudah untuk diingat. Membuat koneksi adalah jenis latihan elaboratif dan dapat diterapkan pada hampir semua subjek atau jenis informasi. Misalnya, bayangkan kamu baru saja diperkenalkan dengan seseorang bernama Jeffery. Daripada secara mental melewati namanya, perhatikan dan pikirkan bagaimana kamu bisa mengingatnya!

Metode Rantai

Metode penautan mnemonik (juga disebut "rantai") terdiri dari pengembangan cerita atau gambar yang menghubungkan potongan informasi yang perlu kamu ingat. Setiap item menuntunmu untuk mengingat item berikutnya. Misalnya, bayangkan kamu perlu mengingat untuk membawa barang-barang berikut ke sekolah di pagi hari: kertas pekerjaan rumah, kacamata, sepatu olahraga, dompet. Dengan menggunakan sistem penghubung, kamu dapat memikirkan cerita pendek berikut: Kertas pekerjaan rumah Jack memakai kacamata dan sepatu olahraga dan berlari ke dompetnya. Jika kamu menambahkan detail atau humor yang menarik, hal itu sering kali membuat informasi lebih mudah diingat.