*/?>

Universitas Indonesia dan 9 Program Studi Barunya!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Jan 2021
Sumber foto: detiknews
Sumber foto: detiknews

Pada tahun baru 2021, Universitas Indonesia (UI) melebarkan jaringan program studinya menjadi lebih beragam. Tak hanya satu atau dua, perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Depok ini nyatanya membuka 9 program studi baru di kategori S1 Paralel dan D4! Ingin tahu program studi baru apa saja yang perguruan tinggi negeri ini siapkan? Yuk cek data di bawah!

S1 Paralel

  1. Teknik Perkapalan
  2. Arsitektur Interior
  3. Teknik Komputer

Nah, tiga program studi yang disebutkan di atas sebenarnya sudah ada di kurikulum Universitas Indonesia namun hanya untuk jenjang S1 saja. Kali ini, melalui S1 Paralel (S1 Paralel: program pendidikan yang menganut prinsip long life education yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijazah) UI hadir kembali! Tak perlu khawatir, S1 dan S1 Paralel memberikan materi dan proses perkuliahan yang sama! 

Meskipun demikian, jalur masuk program S1 dan S1 Paralel berbeda di mana mahasiswa S1 Paralel diterima UI melalui jalur undangan yaitu Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan jalur ujian tulis yaitu Seleksi Masuk (SIMAK) UI. Masing-masing jalur tersebut memiliki alokasi daya tampung sebesar 50%.

D4

  1. Fisioterapi
  2. Terapi Okupansi
  3. Manajemen Rekod dan Arsip
  4. Bisnis Kreatif
  5. Produksi Media
  6. Manejemen Bisnis Pariwisata

Biasanya, program vokasi UI hanya berhenti di D3. Di tahun baru ini, UI membuka lagi program vokasi sampai jenjang D4! Jika masih bingung, secara singkat, D3 dan D4 berbeda. Durasi untuk menyelesaikan masa kuliah D3 adalah 3 tahun atau 6 semester dengan 112 SKS sedangkan D4 memerlukan waktu sekitar 4 tahun dengan menyelesaikan 144 SKS, sama seperti S1. Bedanya dengan pendidikan sarjana atau S1 adalah D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan!

Lulusan D3 dapat melanjutkan ke S1 atau yang dapat disebut ekstensi sedangkan D4 tidak dapat melanjutkan ke S1 karena D4 sudah setara S1. Tetapi D4 bisa kok langsung 'lompat' ke S2 Terapan ketika lulusan D3 harus masuk ke D4 terlebih dahulu jika ingin melanjutkan ke S2 Terapan!