*/?>

Tahapan Daftar SNMPTN 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Feb 2021
Sumber foto: kabar24
Sumber foto: kabar24

Berdasarkan surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 05/SE.LTMPT/2021, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka hari ini, 15 Februari 2021 dan berakhir pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB! Pendaftaran da[at dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Bagi kamu siswa yang sudah eligible, memiliki akun LTMPT serta data lengkap di PDSS, yuk segera mendaftar! Jika masih bingung, berikut tahapan pendaftaran SNMPTN 2021!

  1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.
  2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL. (hanya perlu mengisi Penghasilan dan Jumlah tanggungan Orang Tua)
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN. (Pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan, setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar)
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan (bagi prodi tanpa portofolio akan terdapat lambang '-'). Guidelines protofolio selengkapnya bisa kamu lihat di Portofolio SNMPTN-SBMPTN 2021
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya (Maksimal 3 dengan mencantumkan juga Bukti Prestasi)
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Jika sudah, maka tahap pendaftaran sudah selesai.

NB: Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun.

Nah, disarankan agar kamu memilih prodi yang tidak lintas minat. Disarankan juga untuk segera mendaftar sebelum hari penutupan pendaftaran, yaitu sebelum 24 Februari 2021. Hasil SNMPTN akan diumumkan pada 22 Maret 2021 melalui https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian.