*/?>

Cara Daftar Jalur Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Feb 2021
Sumber gambar : ITS
Sumber gambar : ITS

Jalur Seleksi Mandiri adalah salah satu 'jalan ninja' menghindari SNMPTN dan SBMPTN. Tak terkecuali bagi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), jalur seleksi mandiri hadir lagi di tahun 2021! Seleksi mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diberi nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) dan pada tahun ajaran baru yang sebentar lagi akan dimulai, ITS menjadwalkan kegiatan seleksi mandiri ini pada:

  • Pendaftaran SKM > 8 Mei - 16 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil SKM > 24 Juni 2021
  • Pendaftaran Ulang > 28 - 30 Juni 2021

Di SKM sendiri terdapat 2 (dua) jalur penerimaan calon mahasiswa, yaitu:

  1. Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  2. Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program SKM-ITS dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021. Seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK tahun 2021 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS tahun 2021, Nilai Rapor, Deskripsi diri dan PRESTASI-PRESTASI lainnya. Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah PORTOFOLIO.

Persyaratan

  1. Pendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK-sejenis lulusan 2019, 2020, atau 2021 yang telah memiliki no peserta UTBK atau no peserta ujian Kemampuan Akademik ITS.
  2. Bagi pendaftar yang salah satu pilihan prodinya adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual atau Desain Interior DIHARUSKAN mengunggah PORTOFOLIO.
  3. Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui Seleksi Kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:
    1. Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerjasama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.
    2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut DIWAJIBKAN mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan (format rekap rekomendasi dapat diunduh pada contoh file rekomendasi) kepada Wakil Rektor I – ITS (email : wr1@its.ac.id) dengan tembusan Kasubdit Admisi ITS (email : kasubdit.admisi@its.ac.id) paling lambat 1x24 jam setelah batas akhir pendaftaran.
    3. Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam "Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS" tidak dianggap sebagai peserta Program Kemitraan.

Cara Daftar

Pendaftaran SKM tahun 2021 dilakukan secara online melalui web ITS : http://smits.its.ac.id. Berikut tata cara pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) :

  1. Melalui web ITS: http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Seleksi Kemitraan dan Mandiri, kemudian melakukan pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran. Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN. Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, dan Kode Pembayaran sepanjang 18 digit. PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja setelah dilakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  2. Dengan menggunakan Kode Pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 atau Rp. 1.000.000,00 (bagi pendaftar yang memilih prodi IUP) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Seleksi Kemitraan dan Mandiri. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (bagi pendaftar yang memilih prodi IUP)
    3. Bukti Prestasi (bila ada)
    4. Deskripsi Diri (1 halaman A4 berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, ketrampilan, atau keunggulan yg dimiliki oleh calon mahasiswa).
    5. Nilai rapor semester 1 s/d 6
      1. Nilai rapor yang dimasukkan adalah nilai pengetahuan.
      2. Nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan (bagi siswa IPS nilai matematika yang dipakai adalah matematika wajib).
    6. Nomer peserta UTBK atau nomer peserta ujian Kemampuan Akademik ITS
    7. Slip pembayaran.
  4. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan PIN dan KAP yang tercantum dalam slip pembayaran.
  5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  7. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM) tahun 2021. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa untuk daftar ulang bila diterima nantinya

Hasil SKM yang akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2021 dapat dilihat di website ITS http://smits.its.ac.id