*/?>

Hadapi UTBK-SBMPTN 2021, Berikut 5 Tips Menghafal Rumus Matematika!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Mar 2021
Sumber gambar : Haverford College
Sumber gambar : Haverford College

Sibuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) namun mengalami masalah ketika berhadapan dengan matematika? Atau secara general kamu kurang suka pelajaran satu ini? Yah, suka tak suka, kamu harus menghadapinya agar dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian!

Bagi kamu yang kesulitan, terutama di aspek menghafal rumus matematika, yuk mampir ke 5 Tips Menghafal Rumus Matematika! Niscaya kamu akan menemukan cara menghafal yang paling tepat, tidak buang-buang waktu dan membantumu lolos UTBK-SBMPTN 2021!

Gunakan Berbagai Macam Sarana Untuk Mempelajari Formula

  • Tuliskan rumus pada bagan dan menempelkannya di kamarmu, dengan melihat ini setiap hari, kamu akan dapat menghafal rumus
  • Mengucapkan rumus dengan lebih keras juga membantu menghafal rumus.
  • Menonton video yang berhubungan dengan rumus dan persamaan matematika membantu mengingat rumus dengan lebih mudah

Hindari Catatan yang Membingungkan

Sangat menggoda untuk membuat catatan semua rumus yang harus kamu pelajari untuk ujian. Ini tampaknya merupakan teknik yang bijaksana dan cepat untuk menyelesaikan persiapan dengan waktu terbatas. Namun, ini bukanlah salah satu trik memori praktis yang benar-benar dapat kamu manfaatkan, loh! Dalam kebanyakan kasus, catatan tersebut akan menjadi buram dan membingungkan di kepalamu, dan kamu akhirnya akan mencampuradukkan rumusnya. Sebagai gantinya, beri setiap rumus ruangnya sendiri dan pelajari masing-masing satu per satu sebelum melanjutkan ke rumus baru. Idenya adalah menghafal rumus dan melihat makna di baliknya sehingga kamu tidak akan bingung.

Pahami Rumus

Beberapa siswa cenderung melakukan kesalahan dengan mencoba menghafal rumus tanpa mengetahui apa itu, apa artinya, dan mengapa rumus itu digunakan. Membaca penjelasan atau penurunan rumus dapat membantu menyederhanakan proses menghafal rumus. Otak membentuk ingatan dengan menciptakan hubungan antara berbagai informasi kecil. Semakin tinggi jumlah koneksi yang dibentuk otakmu dengan rumus, semakin mudah otak otakmu akan menyimpan informasi tersebut. Sederhananya, kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengingat sesuatu ketika kamu memahaminya.

Latihan.. Latihan.. Latihan..

Pertimbangkan untuk membuat buku harian formula untuk dirimu sendiri. Buatlah buku harian berwarna-warni dengan pulpen dan stabilo sehingga akan menarik perhatian. Tapi jangan hanya membuatnya. Sering-seringlah mengunjungi kembali buku harian rumus untuk memecahkan masalah matematikamu dan meninjau ulang rumusnya. Ini akan membantu mereka melekat dalam pikiranmu.

Jangan Lupa: Minta Bantuan

Jika kamu mengalami kebuntuan, cobalah untuk mendapatkan bantuan dari guru atau teman sesegera mungkin Jangan pernah menelan masalah matematikamu untuk waktu yang lama. Carilah bantuan yang diperlukan sesegera mungkin karena hanya dengan demikian kamu akan benar-benar dapat melanjutkan ke langkah yang lebih kompleks. Ini adalah tangga matematika di mana setiap langkah harus ditentukan dengan rapi.

Selamat Belajar!