*/?>

Masuk PTN dengan KIP-KULIAH di UTBK SBMPTN 2021? Simak Informasinya Di sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 10 Mar 2021
Sumber gambar : Kaldera
Sumber gambar : Kaldera

Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 akan segera dimulai. Itu artinya persiapan berkas, akun permanen serta dokumen pendukung haruslah lengkap. Tak lupa, bagi kamu yang mengambil jalur beasiswa pemerintah Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-KULIAH), ada beberapa hal yang mesti dipahami terlebih dahulu, yaitu:

  • Siswa harus melakukan permanen data akun di portal LTMPT sebelum mendaftar KIP-KULIAH
  • Pendaftaran KIP-KULIAH untuk UTBK-SBMPTN 2021 hanya dilakukan di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PUSLAPDIK)
  • Siswa peserta KIP-KULIAH dapat segera melakukan finalisasi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 tanpa harus menunggu pendaftaran KIP-KULIAH di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PUSLAPDIK)

Kemudian, jangan lupa bahwa:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Nah, khusus bagi kamu yang masih bimbang dengan KIP-KULIAH? Ini alasan kamu harus mencoba daftar KIP-KULIAH untuk UTBK-SBMPTN 2021!

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  2. Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi.
  3. Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi

Selamat mendaftar!