*/?>

Tak Lolos SNMPTN dan Mau Daftar UTBK - SBMPTN 2021? Simak Informasinya Disini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 Mar 2021
Sumber gambar : Mango University
Sumber gambar : Mango University

“Kapan peserta SNMPTN dapat mendaftar UTBK-SBMPTN?” dan “Apakah penerima SNMPTN dapat mendaftar UTBK-SBMPTN?" adalah dua pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan calon mahasiswa baru pejuang jalur tes. Kamu salah satu dari mereka yang kebingungan? Jangan khawatir, informasi ter-update terkait UTBK-SBMPTN 2021 baru saja dipublikasikan!

Berdasarkan surat edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 07/SE.LTMPT/2021 tertanggal 12 Maret 2021; terkait calon mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang hendak mendaftarkan diri untuk mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK - SBMPTN) 2021, diinformasikan bahwa:

  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN dilaksanakan pada 15 Maret 2021 - 1 April 2021
  • Lulusan tahun 2019 dan 2020 dianjurkan untuk mendaftarkan diri UTBK - SBMPTN lebih awal, yaitu 15 - 20 Maret 2021
  • Peserta SNMPTN yang sudah dinyatakan lulus tidak dapat mendaftarkan diri ulang di UTBK - SBMPTN
  • Namun jika peserta SNMPTN dinyatakan tidak lulus, dapat mendaftarkan diri ke UTBK - SBMPTN setelah pengumuman hasil SNMPTN dipublikasikan
  • Apabila peserta SNMPTN melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN sebelum keluarnya hasil dan ternyata dinyatakan lulus, keikutsertaannya di UTBK-SBMPTN akan dihapus namun uang pendaftaran UTBK-SBMPTN tidak dapat diambil kembali.

Nah, setelah proses daftar-mendaftar selesai, jangan lupa kalau masih ada beberapa tahap lanjutan agar kamu dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman! Berikut jadwalnya:

  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 12 – 18 April 2021
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 26 April – 02 Mei 2021
  • Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN: (Pukul 15.00 WIB) 14 Juni 2021.

Terakhir, dengan asumsi bahwa kalian sudah paham cara melakukan proses daftar, mempermanenkan akun serta menfinalisasi data, berikut langkah-langkah penting yang tidak boleh kamu skip, yaitu:

  1. Login Akun LTMPT
  2. Memilih menu pendaftaran UTBK (memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran).
  3. Membayar ujian di bank (Bank Mandiri, BNI atau BTN) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam.
  4. Melakukan login kembali ke laman LTMPT.
  5. Memilih menu pendaftaran UTBK dan mencetak kartu peserta.
  6. Mengikuti UTBK (sesuai dengan hari, tanggal sesi, dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih.

Butuh panduan lebih lanjut terkait UTBK-SBMPTN 2021? Bisa lihat di: