*/?>

Sukses UTBK dengan 5 Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ini

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Mar 2021
Sumber gambar : Forbes
Sumber gambar : Forbes

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 bukan sembarang ujian. Ujian yang berdurasi 3 jam per sesi ini bisa menentukan langkahmu ke depannya. Mau sukses atau gagal, memang tidak sepenuhnya ada dalam kontrolmu. Tapi setidaknya, berkonsentrasi dan melahap semua materi belajar adalah hal yang dapat kamu kontrol. 

Tapi.. ah... malas... Kan tesnya masih bulan depan? Tanggal 12 April masih jauh...

Ya.. ya.. ya.. Sepertinya tidak ada satu siswa pun di planet Bumi yang tidak memahami dialog batin ini. Suara "nanti saja, masih ada hari lain," selalu tiba-tiba muncul di tengah waktu yang seharusnya dialokasikan untuk belajar. Jika bukan karena gangguan eksternal (kucing, teman serumah yang berisik, atau chat teman yang mengganggu konsentrasimu), itu adalah gangguan internal; sebuah nyanyian dalam diri yang menggodamu untuk menjauh dari buku-buku pelajaranmu.

Bagaimanapun, mempertahankan konsentrasi pada saat belajar itu sulit. Jadi, bagaimana kamu dapat mengatasi suara hati yang mengganggu; yang lebih suka mengejar tupai daripada belajar, atau melamun tentang Ryan Gosling, BTS (atau keduanya)?

Untuk Reminder: Tuliskan Mengapa Kamu Ingin Belajar Giat

Cara lain untuk tetap fokus saat belajar adalah dengan menuliskan alasanmu ingin belajar dengan giat terlebih dahulu. Simpan daftar ini agar kamu dapat mengingatkan diri sendiri tentang alasan-alasan ini ketika kamu mulai kehilangan konsentrasi. Misalnya, kamu dapat menuliskan:

"Saya ingin menjadi siswa dengan skor Ujuan Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 terbaik."
"Saya ingin meraih skor UTBK di atas 600."
"Saya ingin menumbuhkan kebiasaan untuk selalu melakukan yang terbaik dan membuat orang tua bangga."
“Saya ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman saya.”

Nah, Cobalah untuk fokus pada alasan yang berorientasi pada proses daripada alasan yang berorientasi pada hasil. Mengapa? Karena hasil seringkali berada di luar kendali, sedangkan prosesnya selalu dalam kendalimu. Misalnya, hasil mendapatkan nilai terbaik di semua materi ujian, dalam beberapa hal, berada di luar kendali. Tetapi belajar minimal 2 jam setiap hari adalah proses yang ada dalam kendalimu.

Cari Lokasi Strategis untuk Belajar

Menemukan tempat belajar terbaikmu adalah bagian penting dari setiap sesi belajar yang sukses. Bagi beberapa orang, ketenangan perpustakaan itu penting, tetapi bagi yang lain, hiruk pikuk kedai kopi bisa jadi memberikan jumlah kebisingan yang tepat untuk tetap fokus. Namun apa pun preferensi kebisingan yang dapat mendorong konsentrasimu, penting bahwa tempat belajar yang kamu pilih memiliki beberapa hal -

  • Permukaan datar, jernih, dengan ruang yang cukup untuk menampung semua materi dan laptopmu dengan nyaman
  • Outlet - jika kamu membutuhkan laptop untuk belajar, pastikan kamu memiliki catu daya yang dekat sehingga dapat mencegah forongan untuk bangun dan menghentikan arus belajarmu
  • Tempat duduk yang nyaman (atau tempat berdiri) - Saat memilih tempat untuk belajar serius, penting untuk mencoba dan memilih tempat yang memiliki furnitur yang diperlukan untuk mempromosikan postur tubuh yang baik untuk pembelajaran yang berkelanjutan dan berkepanjangan. Baik kamu menggunakan kursi meja yang nyaman dengan penyangga punggung, atau meja berdiri, duduk tegak telah terbukti meningkatkan tingkat energi dan kepercayaan diri, serta meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Selain itu, duduk dalam posisi bungkuk dapat membuatmu  Anda lebih rentan terhadap perasaan putus asa, loh!

Belajar di Kafe? Minumnya Air Putih!

Tentu, segelas espresso dapat benar-benar membantumu di pagi hari, tetapi kafein hanya memberikan keuntungan jangka pendek / kerugian jangka panjang untuk fokus! Nah, jika kamu berencana belajar untuk waktu yang lama, beralihlah ke H2O yang baik. Air membantu mengirimkan nutrisi yang merangsang otak, yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan perhatian. Dan jangan menunggu sampai kamu haus untuk minum! Menurut Harris Lieberman, seorang psikolog penelitian di U.S. Army Research Institute of Environmental Medicine, "Haus bukanlah ukuran hidrasi terbaik, jadi penurunan kemampuanmu untuk fokus adalah sinyal peringatan dini bahwa sudah waktunya untuk minum."

Yuk, Tertawa Dulu..

Video kucing lucu sering kali dianggap sebagai gangguan utama bagi orang yang suka menunda-nunda, tetapi beberapa psikolog berpikir bahwa video itu mungkin benar-benar membantu menempatkan kita dalam kondisi mental yang tepat untuk melanjutkan kondisi belajar yang fokus. Menariknya, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, cara yang baik untuk meningkatkan konsentrasimu adalah dengan tertawa!

Tidak peduli seberapa besar kamu ingin melahap semua materi belajarmu, tetap fokus pada sesuatu yang sulit membutuhkan kemauan dan dorongan kemauan untuk fokus itu datang dari mood yang bai; tak hanya relax tapi sampai tertawa. Dalam sebuah eksperimen, orang yang telah menonton video lucu berusaha lebih lama dan lebih keras untuk menyelesaikan teka-teki soal yang mustahil dibandingkan dengan kelompok orang yang menonton video yang santai tapi tidak lucu. Studi tersebut menyimpulkan bahwa humor mengisi kembali cadangan kita dengan sangat efektif sehingga kondisi belajar harus mendorong budaya yang lebih "menyenangkan".

Jangan Belajar Terus, Beri Jeda!

Bagaimana istirahat dapat meningkatkan konsentrasimu saat belajar? Ide ini mungkin tampak 'aneh', tetapi para ahli mengatakan  bahwa hal ini benar-benar berhasil.. Pertimbangkan skenario ini: Kamu menghabiskan beberapa jam pada materi belajar yang sama, dan tiba-tiba perhatianmu mulai hilang. Meskipun sulit untuk memusatkan pikiran pada materi belajarmu, kamu tetap di meja, memaksa diri sendiri untuk melanjutkan. Yah, perjuanganmu untuk fokus hanya akan membuatmu merasa stres dan cemas karena tidak menyelesaikan bahasan materi belajarmu tepat waktu.

Lain kali ini terjadi, ketika kamu pertama kali merasakan konsentrasimu turun, istirahatkan mental sejenak. Segarkan diri dengan minuman dingin atau camilan bergizi, jalan-jalan sebentar, atau keluar dan berjemurlah di bawah sinar matahari. Yakin deh, konsentrasi dan motivasi belajarmu akan naik drastis!

Selamat berjuang!