*/?>

Kuota UTBK-SBMPTN 2021 Habis? Ini Solusinya

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Mar 2021
Sumber foto : Tekno Tempo
Sumber foto : Tekno Tempo

Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 akan ditutup dalam hitungan hari, tepatnya  Kamis, 1 April 2021. Namun sayangnya, masih ada beberapa calon mahasiswa di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang tidak dapat mendaftar karena kursi habis. Hal ini dikeluhkan sejumlah calon mahasiswa melalui akun twitternya, misal ujar @veragie__ "stres belom dapet kursi utbk ltmpt tolonginnn, give me a miracle pls kursi utbk di unj atau ui please please" dan @printwill "Mudahkan gua dlm mendapatkan kursi utbk, cape banget ya Allah,"

Hal ini dapat terjadi sebab pendaftar UTBK- SBMPTN di daerah Jakarta dan sekitarnya hanya dilayani oleh Pusat UTBK di Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan UPN Veteran Jakarta sedangkan berdasarkan himbauan awal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), calon mahasiswa jalur UTBK-SBMPTN tidak diperkenankan berpindah kota atau provinsi agar mengurangi mobilitas selama pandemi COVID-19. Aturan ini tentu menghasilkan jumlah peserta yang melebihi kapasitas.

"Pasti itu, tidak nampung semua. Pasti selalu ada yang tidak kebagian," terang Ketua LTMPT Mohammad Nasih dilansir dari Kompas.com, 29 Maret 2021. Ia melanjutkan jika situasinya tidak memungkinkan, maka peserta yang tidak memiliki opsi lain diperbolehkan untuk melakukan ujian UTBK-SBMPTN 2021 di kota terdekat lainnya sebab "Di Pusat UTBK lain seperti di Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya masih banyak kursi atau seat UTBK yang tidak terisi," terangnya. Itu artinya himbauan LTMPT tidak rigid dan dapat tidak diikuti pada situasi mendesak tertentu. Pemilihan tes UTBK di daerah lain adalah saran dari LTMPT dan peserta TIDAK AKAN didiskualifikasi. 

Selain memperbolehkan calon mahasiswa jalur UTBK-SBMPTN 2021 melakukan ujian di kota terdekat lainnya, LTMPT secara resmi telah menambah kuota di Pusat UTBK Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, dan Institut Pertanian Bogor. Sejauh ini, Universitas Negeri Jakarta akan menambah 3.276 kursi tambahan diikuti Institut Pertanian Bogor yang mengumumkan angka 1.260 kursi tambahan dan 1.680 kursi tambahan oleh Universitas Jendral Soedirman. Jumlah penambahan kursi di Universitas Indonesia masih belum diketahui jumlahnya.

Peserta dihimbau untuk segera mendaftarkan diri. Kemudian, setiap pukul 15.00 WIB, sistem website UTBK-SBMPTN 2021 akan memperbarui jumlah kursi yang tersedia di setiap daerah maka mencoba terus dan bersabar adalah dua hal yang peserta dapat lakukan. Informasi penambahan hari untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 belum diumumkan namun mungkin terjadi melihat banyaknya calon mahasiswa yang kesulitan. Akan tetapi, jika memang pusat UTBK sudah tidak mempunyai ruang atau kapasitas sudah penuh, maka dengan terpaksa tidak bisa menawarkan atau membuka lagi.