*/?>

Fungsi Kartu Peserta UTBK 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 31 Mar 2021
Sumber foto : liputan6
Sumber foto : liputan6

Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 akan ditutup besok, 1 April 2021. Mungkin masih ada beberapa dari kamu yang kesulitan dapat kursi tes UTBK tetapi beberapa lainnya sudah berhasil mendaftarkan diri. Nah, bagi kamu yang sudah berhasil mendaftar dan tinggal menunggu hari-H ujian, ada hal terakhir yang perlu kamu perhatikan: Kartu Peserta UTBK.

Banyak yang menganggap kalau Kartu Peserta UTBK hanyalah kartu identitas diri yang perlu dibawa saat ujian UTBK. Tetapi nyatanya, Kartu Peserta UTBK-SBMPTN ini juga memiliki fungsi penting lainnya, loh! Antara lain:

  • Kartu UTBK dibawa saat pelaksanaan tes UTBK 2021
  • Kartu Peserta UTBK dapat digunakan untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN
  • Kartu Peserta UTBK dapat digunakan untuk mendaftar Jalur Mandiri di PTN yang mengharuskan calon mahasiswanya menyertakan skor UTBK sebagai kriteria penerimaannya. Sifat dari Jalur Mandiri adalah personal, artinya keputusan penerimaan di PTN ditentukan sendiri (setiap PTN dapat berbeda) sehingga terkadang kriteria penerimaan Jalur Mandirinya dapat berupa:
    • Hanya menyertakan skor UTBK  saja
    • Menyertakan rapor / portofolio dibarengi skor UTBK
    • Menyertakan skor UTBK, nilai rapor dan portofolio
      • Contoh PTN yang mewajibkan calon mahasiswa Jalur Mandiri menyertakan skor UTBK 2021: Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Nah, Kartu Peserta UTBK tidak dapat diakses dari website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berkali-kali. Maka disarankan untuk menyimpan soft file Kartu Peserta UTBK di folder HP/Komputer yang mudah kamu ingat. Lalu, simpan hard filenya di tempat yang aman dan bawa saat ujian UTBK berlangsung. (Reminder: Cetak Kartu Peserta UTBK berwarna sehingga nama, foto dan barcode dapat terlihat jelas)

Sekarang sudah tahu kan fungsi Kartu Peserta UTBK? Jadi, jangan langsung buang Kartu Peserta UTBK-mu, ya!