*/?>

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Pilih Jurusan di Universitas!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 07 Apr 2021
Sumber gambar : UOM
Sumber gambar : UOM

Penerimaan mahasiswa baru memang masih beberapa bulan ke depan. Tetapi, tidak ada salahnya memikirkan masa depan panjang lebar dari pada nanti kebingungan. Salah satunya: memikirkan jurusan apa yang mau kita pilih di universitas. Memilih jurusan sangat mudah bagi mereka yang sudah paham diri sendiri namun sangat sulit bagi mereka yang belum memahami potensinya sendiri. Nah, kamu ada di barisan kedua? Jika iya, berikut tips agar kamu tak salah pilih: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Pilih Jurusan di Universitas!

Memilih Jurusan karena Disuruh Orang Tua

'Nak, kamu ambil jurusan ini saja, gaji besar setelah lulus," atau "Jangan jurusan ini! Emangnya kamu bisa?Nanti tidak lulus, bagaimana?". Yup, mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar kalimat itu. Memang tidak dapat dipungkiri kalau terkadang orang tua suka khawatir dengan pilihan kita (Wajar ya, kita kan anaknya tercinta, asal tidak berlebihan). Nah, meskipun demikian, jangan biarkan pilihan mereka menghentikan cita-citamu! Dari beberapa kisah sukses, memang ada anak-anak yang berhasil lulus dan senang selama berproses di jurusan pilihan orang tuanya, tetapi ada juga beberapa dari mereka yang gagal. Menyenangkan orang tua itu baik, tapi yang menjalani hidupmu adalah kamu jadi timbang-timbanglah dengan bijak, jangan cuma ikut kata orang tua dengan buta, ya!

Memilih Jurusan Sembarangan Karena Tidak Yakin Pilih yang Mana 

Apa sih yang dimaksud dari 'pilih jurusan sembarangan karena tidak yakin pilih yang mana'? Nah, hal ini sempat terjadi pada teman penulis! Sebut saja namanya Albert. Saat memilih jurusan, dia hanya memilih secara random; memilih jurusan yang dia anggap paling standar dan paling mudah dapat kerja setelah lulus. Hasilnya? Dia kehilangan semangat belajar dan drop out sebab dia tidak menyukai apa yang dia pelajari. Simpulnya, menemukan apa yang membuatmu 'jatuh cinta' adalah kunci keberhasilan studimu!

Memilih Jurusan karena Ikut-ikutan Teman

Apa yang menjadi passion mereka belum tentu merupakan passion-mu. Jika kamu memaksakan diri masuk ke jurusan matematika tapi lemah di hitung-hitungan, yang rugi sendiri adalah kamu. Temanmu mungkin akan jadi yang terbaik di kelas, sedangkan kamu mungkin akan kesulitan dan hilang motivasi untuk mengejar ketertinggalan. Lagi pula, dimana pun kamu berada, kamu bisa kok menemukan teman baru! Jadi, jangan khawatir, ya!

Memilih Jurusan karena 'Gengsi'

Jangan sampai kamu memilih jurusan tertentu hanya karena jurusan itu keren dan dianggap 'cerdas' olah banyak orang lain. Jika itu yang kamu lakukan, kamu hanya menggali lubang kuburmu sendiri! Kenapa? Karena belum tentu jurusan keren tersebut bisa membantumu mencapai potensimu secara maksimal! Pilihlah jurusan yang 'biasa-biasa' saja namun dapat menjadikanmu yang terbaik di kelasnya ketimbang hanya jadi mediocre di jurusan yang keren tersebut!

Memilih Jurusan Rekomendasi Orang Lain Saja

Nah, mendapat rekomendasi dari orang lain adalah hal yang baik tetapi jangan sampai kamu tidak melakukan research terkait institusi mana dan seperti apa jurusan tersebut! Melakukan pencarian data mandiri akan membantumu meyakinkan dirimu bahkan orang tuamu bahwa kamu memang menyukai dan yakin sukses di jurusan yang kamu akan pilih. Intinya jangan pasif! Memilih jurusan yang tepat adalah untuk kebaikanmu sendiri!