*/?>

5 Hal yang Patut Kamu Lakukan di Bangku Kuliah

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Apr 2021
Sumber gambar : Thoughs
Sumber gambar : Thoughs

Gerbang kegembiraan, tanda kedewasaan bagi kalian murid SMA hampir di depan mata: masuk perguruan tinggi! Yup, untuk freshmen, mari merapat dan lihat dulu 5 hal yang tidak boleh kamu lewatkan selama masa belajarmu yang kurang lebih 4-7 tahun itu. Kalau terlewat? Apa mau dikata, penyesalan datang terlambat, loh! Maka daripada menyesal, yuk melipir!

Jadilah Pro-active Learner

Masa kuliah tentu berbeda dengan masa SMA. Tidak ada lagi soal pilihan ganda yang bisa kamu akali dengan mencontek atau tidak ada lagi buku paket yang isinya bisa kamu hafalkan dalam satu malam. Progres belajarmu juga bukan soal belas kasihan lagi; dosen akan sangat objektif memberimu C jika perlu. Lalu bagaimana cara 'bertahan hidup' di bangku kuliah? Belajarlah dengan proaktif! Jangan sungkan bertanya pada dosen (biasanya ada nila tambahan!) jika kamu tidak tahu, baca materi sebelum kelas dan, kalau punya nyali, debatlah pandangan dosenmu terkait topik-topik yang kamu sukai! Bukan berarti sok pintar, dosen akan suka kalau kamu aktif berinteraksi dengannya di kelas!

Isi Portofolio Sedini Mungkin

Suka tidak suka, hidup adalah soal kompetisi. Di saat kamu lulus nanti, ada juga ratus ribuan mahasiswa lain yang lulus. Di saat kamu mencari kerja, orang-orang ini akan juga mencari kerja. Mengerikan? Yup! Di sini lah pentingnya membangun portofoliomu sejak masih semester awal kuliah dengan rajin mengikuti kegiatan kampus. Entah kegiatan kemahasiswaan, klub musik/olahraga sampai kelompok belajar, maksimalkan waktumu untuk terus mengasah skill bersama teman-temanmu sambil memenuhi kebutuhan portofoliomu!

Networking

Satu lagi hal pahit soal kehidupan yang fana ini: kekuatan orang dalam. Sedih sih tapi that's how world sometimes work. Maka dari itu, bertemanlah dengan mereka yang memberikan dampak baik buat perkembanganmu, yang membantumu bertumbuh sekaligus yang bisa mengajakmu mengerjakan proyek-proyek yang berhubungan dengan dunia kerja di masa mendatang! Tapi jangan jadi orang yang hanya datang saat butuh saja, ya! Ingat, berteman itu juga perlu supaya kamu tak kesepian menjalani sulitnya dunia kampus!

Berhemat

Jauhkanlah dirimu dari krisis kantong kering. Camkan kalau hedonisme hanya kebahagiaan sesaat! Lebih baik berhemat agar punya tabungan masa depan daripada pergi beli thai tea harga 50 ribu tiap pulang kampus, bukan? Selain merusak kesehatan, rasa penyesalan juga akan ikut menyerang, loh! Masa kuliah adalah masa yang paling dekat dengan masa 'duh, butuh penghasilan,' dan kalau kamu punya tabungan sendiri? Bolehlah bernafas lega~

Tidur

'Yah, semua orang sih juga tidur!' Lha, porsine cukup ora? (Read: Lah porsinya cukup, tidak?) Itu permasalahnnya! Siapa sih yang tidak suka begadang? Entah melanjutkan serial netflix yang sudah ditunggu-tunggu tiap minggu, atau tiba-tiba terinspirasi push rank mobile legends; selalu ada saja, sih alasan begadang ini. Kamu salah satunya? Hentikan sekarang! Tidur sangat perlu untuk kesehatan, ya hal ini semua orang juga tahu tapi bagaimana kalau: kamu begadang sampai kesiangan masuk kelas? Di bangku SMA kamu boleh saja bolos seminggu tapi di saat kuliah? Ada absensi minimal masuk 75% untuk ikut UTS dan UAS! Yuk mulai belajar tidur tepat waktu! (Sebanyak-banyaknya tugas, cobalah untuk 'dicicil' agar tidak menggunung dan memaksamu untuk begadang!)