*/?>

Perihal Kemungkinan Soal UTBK Bocor, Ini Kata LTMPT

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Apr 2021
Sumber gambar : republika
Sumber gambar : republika

Beberapa kali ada kegelisahan tentang soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang bocor di mana mereka yang sudah tes terlebih dahulu akan dirugikan oleh website-website yang mencuri soal-soal UTBK yang sudah keluar tersebut. Kalau kamu salah satu pejuang UTBK yang punya keresahan sama, yuk simak dulu apa kata Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih katakan terkait kebocoran soal UTBK ini! Tegasnya adalah:

  • Soal ujian dikeluarkan 1 jam sebelum ujian bersangkutan dimulai. Maka kemungkinan soal bocor sangat kecil
  • LTMPT akan melakukan pengawasan dan penekanan informasi kepada para pengawas untuk tidak menyalin soal.
  • Mulai dari ketika masuk, screening awal, transit peserta, hingga masuk ke lokasi ujian, semua akan diatur dengan sangat baik 

Mohammad Nasih dalam kutipannya dari website resmi Universitas Airlangga mengatakan bahwa "Kalau di medsos ada informasi perihal kebocoran, itu hoaks. Atau bahkan soal yang diinformasikan sudah dimodifikasi. Sekali lagi, perihal kebocoran soal kami bisa pastikan tidak terjadi," ujarnya. Terakhir, supaya kamu tidak gelisah, pihak LTMPT akan berusaha maksimal untk memastikan media sosial tak akan gaduh karena soal bocoran sebab, memang soal UTBK tidak akan bocor!

Nah, simpulnya jangan khawatir. Fokus saja pada mimpimu mendapatkan nilai UTBK terbaik di tahun ajaran 2021 ini! Persiapkan diri dengan pemikiran positif sehingga performamu saat ujian berlangsung akan dijamin bagus!

Reminder:

Selamat Berjuang!