*/?>

S1 atau D4? Ini 4 Perbedaan Paling Dasar Keduanya!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 May 2021
Sumber gambar : edumor
Sumber gambar : edumor

Sudah lulus SMA dan ingin melanjutkan jenjang pendidikan? Sudah yakin akan ambil rute sarjana atau diploma? Jika belum, maka artikel ini akan cocok untukmu sebab kali ini, kuliahdimana.id akan membahas serba-serbi memilih jenjang pendidikan S1 atau D4! 

Gelar Kelulusan

Nah, dimulai dari yang paling awal: nama lain dari kedua jenjang. Jika kamu sudah tahu bahwa mereka yang mengambil S1 akan lulus dengan sebutan sarjana, maka mereka yang mengambil D4 akan disebut sebagai sarjana terapan! Nah, di bawah D4 masih ada D1 yang lulusannya disebut Ahli Pratama, D2 dengan sebutan Ahli Muda dan D3 dengan Ahli Madya!

Durasi Pendidikan

D1, D2 dan D3 biasanya memiliki waktu dan jumlah beban mata pelajaran yang lebih sedikit sedangkan D4 dan S1 memiliki jumlah beban yang setara. Maka, bagi yang bilang D4 tidak setara S1, mungkin perlu dipikir-pikir lagi, ya!

Kurikulum

Di sinilah bagian di mana kamu bisa menimbang apakah S1 cocok untukmu atau justru D4 yang lebih sesuai. Sebab, lulusan S1 didorong untuk menjadi seorang pemikir (peneliti) di bidang yang dipilih sedangkan D4 akan meluluskan mereka yang sudah siap terjun ke dunia kerja. Presentasenya adalah:

  • S1 = 60 persen teori, 40 persen praktek
  • D4 = 40 persen teori, 60 persen teori

Kamu yang akan mengambil D4 dijamin akan belajar hal-hal yang fokus pada pengeksekusian suatu hal di lapangan sedangkan anak-anak S1 akan fokus pada kegiatan-kegiatan analisis yang menumbuhkan pemikiran kritis.

Tugas Akhir

Kata skripsi bukanlah kata baru, biasanya ditakuti mahasiswa semester akhir. Tapi, berbeda dari skripsi, kamu yang memilih D4 akan dihadapkan pada laporan akhir. Nah, skripsi berisi penelitian fenomena yang menghubungkan peristiwa dengan teori sedangkan laporan akhir lebih kepada pengumpulan bukti kalau kamu sudah menyelesaikan kerja praktek.

Nah, dari 4 hal di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa D4 dan S1 ada di tataran sejajar. Yang membedakan keduanya hanyalah tentang eksekusi kurikulum dan kesiapan lulusannya. Banyak yang salah kaprah kalau lulusan S1 akan punya banyak pengalaman praktis padahal, tujuan dasar dari lulus sebagai sarjana adalah menjadi pemikir. Di sisi lain, banyak juga yang mengira kalau D4 itu 'menghabiskan waktu' karena dilihat lebih rendah dari S1 padahal lulusan D4 mempunyai hal-hal praktis yang tidak dimiliki lulusan S1!

Maka dari itu, karena keduanya sama bagusnya, sudahkah kamu siap memilih?