*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Pertanian

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 05 May 2021
Sumber gambar : College Values
Sumber gambar : College Values

Pertanian adalah salah satu jurusan terpenting yang dapat kamu pilih karena memenuhi kebutuhan dasar manusia — makanan. Sebagai ilmu memelihara tanaman dan ternak, pertanian mengajarkan dasar-dasar bercocok tanam dan beternak, mulai dari penanaman, budidaya, pemupukan, pemanenan, pengolahan, dan distribusi buah dan sayuran hingga cara yang paling efektif untuk memelihara, membiakkan, dan memasarkan ternak. Mahasiswa pertanian belajar tentang berbagai macam produk sampingan ternak, seperti produk susu, telur, madu, dan bahkan kulit. Jurusan pertanian, juga mempelajari penelitian terbaru tentang meningkatkan pasokan makanan, meningkatkan hasil, dan membuat operasi makanan seefisien mungkin.

Kamu ingin memilih jurusan ini tapi masih maju mundur? Ini dia 5 Alsan Memilih Jurusan Pertanian!

Urgensinya Luar Biasa

Diperkirakan bahwa pertanian 4 kali lebih efektif dalam mengurangi kemiskinan dibandingkan dengan sektor pekerjaan lain di dunia. Dunia sekarang juga bergantung pada pertanian lebih dari sebelumnya untuk memberi makan baik yang kaya maupun yang miskin dan itu adalah satu sektor ekonomi yang tidak ada negara yang dapat berkembang atau bahkan maju dapat bertahan hidup tanpanya.

Teknologinya Sudah Maju

Kebanyakan orang tidak menganggap pertanian sebagai bisnis modern atau maju, tetapi teknologi di divisi ini sebenarnya sangat maju. Jutaan petani menggunakan perangkat lunak dan bahkan aplikasi modern untuk meningkatkan produktivitas, memasarkan dengan lebih efektif, memecahkan masalah komunikasi, dan untuk manajemen bisnis umum.

Prospek Luas 

Karena pertanian mencakup begitu banyak aspek dunia kita, termasuk studi tentang hewan, tumbuhan, dan sistem lingkungan, jurusan pertanian dapat memasuki berbagai karir di sektor bisnis, pemerintahan, dan nirlaba — atau bekerja untuk diri mereka sendiri. Siswa yang lebih tertarik pada hewan dapat memilih untuk pergi ke peternakan, peternakan sapi perah, budidaya ikan, atau melanjutkan pendidikan mereka dan menjadi dokter hewan atau peneliti di bidang kedokteran hewan. Siswa yang memfokuskan pembelajaran mereka pada tanaman mungkin menjadi ahli hortikultura, arsitek lanskap, atau bertani tradisional atau organik. Jurusan pertanian berorientasi bisnis mungkin mengejar karir di bidang real estat, ekonomi, penjualan atau pemasaran peralatan pertanian, atau statistik. Ditambah lagi ada peluang jurusan pertanian tertarik untuk melestarikan lingkungan dan konservasi hewan.

Jawaban Kebutuhan Masa Depan

Pada tahun 2050, populasi global akan mencapai sembilan miliar orang, dan mereka semua harus diberi makan. Pertumbuhan populasi ini akan membawa peluang bisnis nyata di tahun-tahun mendatang bagi para petani muda untuk masuk dan meningkatkan produktivitas melalui penelitian, teknologi, dan metode yang ditingkatkan. 

Agen Perubahan

Ada sesuatu yang sangat memuaskan tentang bekerja di industri yang penting bagi kehidupan manusia. petani juga bertanggung jawab untuk membentuk tampilan lingkungan dan memeliharanya untuk generasi mendatang. Terlibat dalam industri yang menghasilkan makanan berkualitas tinggi, ramah kesejahteraan dengan harga terjangkau adalah sesuatu yang sangat dibanggakan oleh mereka yang menjadi bagiannya.