*/?>

UTBK 2021 Sudah Selesai, Cek Hasilnya Di sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 May 2021
Sumber foto : metatrader
Sumber foto : metatrader

Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 baru saja berakhir. Tak perlu lagi kamu merasa cemas, sebab kamu sudah melakukan yang terbaik agar mendapat nilai UTBK terbaik! Nah, lalu kapan sih nilai resmi UTBK 2021 yang dapat kamu gunakan untuk mendaftar SBMPTN 2021 keluar? Yuk cek di sini!

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo yang dilansir dari kompas.com, dikatakan belum ada rencana perubahan jadwal rilis nilai UTBK 2021. Di rencana awal tersebut, hasil UTBK akan keluar pada tanggal 14 Juni 2021!

Jika mengaca dari tahun lalu, nilai UTBK ini dapat diakses melalui portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau laman protal mirror perguruan tinggi negeri (PTN) tujuan. Adapun Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo menyebutkan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan para peserta UTBK-SBMPTN agar dapat melihat nilainya nanti, yaitu:

  • Nomor pendaftaran
  • Tanggal lahir
  • Nomor induk siswa nasional (NISN)
  • Nomor pokok sekolah nasional (NPSN)

Informasi lebih lengkap terkait bagaimana nilai UTBK bisa akses masih dirembuk pihak LTMPT sehingga informasi tambahan akan menyusul kemudian. Yang pasti, akan ada press rilis sekitar 1 hari sebelum tanggal keluarnya nilai UTBK!

Nilai UTBK ini nantinya akan bersifat privat sehingga nilaimu hanya kamu yang tahu. Hasil UTBK akan disampaikan melalui sertifikat UTBK yang berisi informasi skor atau nilai UTBK yang diperoleh peserta. Sertifikat ini nantinya dapat digunakan peserta yang tak lolos untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang disediakan PTN. (Kamu bisa cek PTN mana saja yang mengharuskan skor UTBK sebagai syarat daftar jalur mandiri di 8 PTN dengan Nilai UTBK Sebagai Syarat Masuk Jalur Mandiri 2021)

Terakhir, sembari menunggu, istirahatkanlah pikiranmu yang sudah didorong cukup keras beberapa bulan terakhir. Jangan khawatir karena usaha tak mengingkari hasil! Strategi selanjutnya bisa kamu ambil setelah tanggal 14 Juni 2021, kali ini saatnya bersenang-senang!