*/?>

4 Manfaat Ambil Kesempatan Beasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 May 2021
Sumber foto : IED
Sumber foto : IED

Masuk jenjang perkuliahan memang membawa suasana berbeda. Rasanya ingin benar berkompetisi dan unjuk gigi lalu lulus sebagai sarjana cumlaude. Sebesar-besarnya ambisi sukses, terkadang masih ada beberapa mahasiswa yang ragu untuk memanfaatkan masa studi: mengambil beasiswa. Stigmanya, beasiswa itu mengekang kebebasan, menambah beban dan bakal menyebabkan kurang tidur; padahal masih banyak manfaat mengambil beasiswa yang dapat dipertimbangkan, apalagi bagi kamu yang jago membagi waktu antara kuliah dan bersenang-senang. Apa saja manfaat beasiswa? yuk pahami bersama kuliahdimana.id!

Meningkatkan Performa Belajar

Mendapatkan beasiswa menghilangkan semua masalah keuanganmu. Dengan demikian, beasiswa memberimu lebih banyak waktu untuk belajar, mendapatkan pengetahuan, dan mendapatkan nilai yang lebih baik. Kamu akan mendapatkan banyak waktu untuk mencari peluang pengembangan keterampilan dan peningkatan pengetahuan. Tak hanya itu, standar nilai per-semester yang biasanya jadi standar mutlak penerima beasiswa juga dapat membantumu termotivasi!

Soal Menabung

Beasiswa akan meringankan biaya kuliahmu. Di dunia yang makin maju dengan persaingan makin ketat, tak dapat dipungkiri biaya pendidikan pun makin besar. Jika kakakmu masuk ke perguruan tinggi swasta dengan uang gedung 16 juta, mungkin saat giliranmu tiba, justru uang sebesar 25 juta yang harus melayang. Mau melindungi diri dan keluarga dari krisis kantong kering? Beasiswa adalah jawabannya! Tak perlu beasiswa penuh, bahkan pengurangan biaya se-sedikit apapun patut dicoba.

Mempercantik Resume

Memenangkan beasiswa bisa jadi sulit, apalagi ketika beberapa beasiswa memiliki ribuan pelamar yang berarti bahwa jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa tersebut, resume-mu akan semakin dipertimbangkan, entah saat kamu mendaftar masuk perguruan tinggi atau saat kamu sudah lulus dan sedang mencari pekerjaan. Kamu akan dibedakan karena 'berbakat dan pekerja keras' sehingga peluang suksesmu makin besar!

Networking

Ini adalah salah satu manfaat beasiswa yang kurang dikenal. Saat mendapatkan beasiswa, kamu akan dapat membangun jaringan dengan orang lain yang juga memenangkan beasiswa tersebut. Misalnya, jika kamu memenangkan beasiswa dalam bidang administrasi bisnis, kamu akan dapat tetap berhubungan dengan mahasiswa tingkat dua dan senior yang juga telah menerima penghargaan tersebut. Saat tiba waktunya untuk mencari pekerjaan, kamu sudah memiliki kontak di industri, yang memberimu keuntungan luar biasa dibandingkan kandidat pencari kerja lainnya.