*/?>

Jenis Ujian SMM PTN Wilayah Barat 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 May 2021
Sumber foto : tirto
Sumber foto : tirto

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) Wilayah Barat 2021 sudah membuka pendaftaran. Perlu diingat, SMM PTN 2021 akan dilaksanakan dengan tahap tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan secara mandiri oleh SMM PTN Wilayah Barat, tidak dilakukan bersamaan dengan UTBK 2021 khusus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

UTBK khas SMM PTN Wilayah Barat 2021 ini akan diselenggarakan pada 28 Juni - 7 Juli 2021 dengan rincian jenis tes, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)

Jika UTBK khusus SNMPTN dan SBMPTN 2021 terdapat kelompok ujian campuran, SMM PTN Wilayah Barat tidak membuka kelompok ujian campuran. Kemudian peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Terakhir, SMM PTN Wilayah Barat 2021 ini akan dikenakan biaya daftar sebesar Rp 350 ribu, ya! Hasil seleksi SMM PTN Wilayah Barat 2021 akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2021 mulai pukul 16.00 WIB.