*/?>

4 'Wejangan' Buat Mahasiswa Baru

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 May 2021
Sumber gambar: brave minds
Sumber gambar: brave minds

Hati sudah berdegup kencang karena lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021?  Yup, memang tahap baru dalam hidup, entah saat kamu mendapat hadiah baru atau kesempatan baru menempuh ilmu, selalu bisa membuat bayang-bayang menyenangkan. Mimpi jadi 'mahasiswa alamamater X' tinggal selangkah, bertemu kawan-kawan seperjuangan dan lika-likunya sangat mendebarkan. Eittss.. sebelum kamu terjun payung ke dunia nyata yang terkadang pahit, mampir dulu baca catatan penting buat mahasiswa baru yang penting ini! 

Buku Agenda Itu Emas

Perguruan tinggi pada dasarnya adalah sekolah menengah plus segunung tugas yang memaksamu untuk mulai mengatur waktu! Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah diterima di perguruan tinggi adalah membeli buku agenda! Kamu mungkin tidak membutuhkannya sebelumnya, tetapi kamu akan membutuhkannya di masa kuliah! Profesor perguruan tinggi tidak akan mengingatkanmu ketika batas waktu atau ujian sudah dekat. Semua tugas akan tercantum dalam silabus kursus, atau mereka akan memberi tahumu di kelas, dan jika kamu tidak menuliskannya, kamu mungkin akan mendapat masalah!

Hubungan Sosial Buang Sepi

Sebuah solusi mahasiswa yang kesepian di tengah kerumunan? Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok tertentu (dan berhati-hatilah untuk tidak berlebihan) - organisasi siswa, klub, perkumpulan mahasiswa atau persaudaraan. Kamu akan mendapatkan teman baru, mempelajari keterampilan baru, dan merasa lebih terhubung dengan perguruan tinggimu. Pada akhirnya, kamu yang mungkin dilanda kesulitan dapat merasa lebih termotivasi untuk bangun pagi dan menjalani kelas dengan riang gembira.

Ambil Waktu Untuk Diri Sendiri

Berada di perguruan tinggi bisa sangat melelahkan dan tidak butuh waktu lama sebelum kamu dibanjiri dengan hal-hal akademis, ekstrakurikuler, dan kehidupan nyata. Meskipun beban kelas menuntut, penting untuk menjauh dari buku teks dan meluangkan waktu untuk dirimu sendiri untuk bersantai dan merenung. Meluangkan waktu untuk diri sendiri di luar akademisi akan membantumu mengelola stres, mengelola tanggung jawab, dan juga memicu kreativitas saat kamu kembali ke dunia perguruan tinggi.

Gagal Bukan Masalah

Bagi sebagian besar mahasiswa baru, masuk dunia kuliah adalah pertama kalinya mereka mandiri (sebagian besar). Tidak ada yang memberi tahumu lagi jam berapa harus makan, tidak ada yang mengatur waktu untukmu, dan tidak ada yang memarahimu ketika kamu pulang jam 4 pagi dari Taco Bell. Di saat yang sama, kamu yang mungkin masih pada tahap euforia 'kehidupan sukses' akan mengalami masa-masa sulit di semester pertama. Apakah kamu bingung, atau kamu mengacaukan sesuatu, ingatlah bahwa kamu masih sangat muda, dan tidak apa-apa untuk tidak bisa menyempurnakan segalanya!