*/?>

Mengenal Program Studi Hubungan Internasional

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 May 2021
Sumber gambar: plexxus
Sumber gambar: plexxus

Sering mendengar kerennya mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) tapi belum paham tentang apa yang dipelajari mereka-mereka yang pandai membahas politik dunia? Atau sudah paham tapi masih ragu-ragu? Jangan khawatir karena kamu tak akan ketinggalan kereta! Bersama kuliahdimana.id, yuk pahami lebih dalam Jurusan Hubungan Internasional!

Apa yang Dipelajari?

Jurusan hubungan internasional mempelajari bagaimana dunia bekerja dan cara politik, budaya dan ekonomi mempengaruhi sistem global. Banyak perguruan tinggi mengharuskan mahasiswanya untuk mengkhususkan diri pada tema tertentu, mulai dari keamanan global hingga hak asasi manusia, dan di wilayah tertentu di dunia. Basis pengetahuan mereka di akhir kelas harus mencerminkan penekanan ini. Nantinya, mahasiswa jurusan hubungan internasional harus memiliki pemahaman substantif tentang faktor ekonomi, politik, budaya, sejarah dan hukum yang mempengaruhi urusan internasional. Mereka juga harus diperlengkapi untuk menganalisis peristiwa internasional terkini dan mengkomunikasikan analisis mereka secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis.

Apa Tema Kelas yang Ditawarkan Jurusan Hubungan Internasional?

Berikut beberapa judul umum untuk kelas jurusan hubungan internasional di berbagai perguruan tinggi:

  • Hubungan Internasional: Teori dan Praktek
  • Sejarah Hubungan Internasional
  • Globalisasi dan Tata Dunia
  • Konflik dan Resolusi Tanpa Kekerasan
  • Penciptaan Perdamaian dan Negosiasi
  • Globalisasi dan Pembangunan Internasional
  • Sekolah Pemikiran dalam Hubungan Internasional
  • Keamanan Global
  • Diplomasi dan Statecraft

Kerja Apa Setelah lulus?

  1. Diplomat = Sebagai diplomat, kamu akan mewakili dan melindungi kepentingan suatu negara di luar negeri dalam hal politik, perdagangan, dan layanan konsuler. Biasanya kamu akan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun di negara asing.
  2. Spesialis Intelijen = Sebagai seorang spesialis intelijen, kamu dapat bekerja di militer, angkatan laut, departemen keamanan nasional, atau hampir semua departemen negara bagian dari salah satu badan pemerintah nasional.
  3. Analis Politik = Umumnya, kamu akan dipekerjakan oleh pemerintah, tetapi kamu juga dapat menemukan peluang kerja di perusahaan media atau lembaga penelitian
  4. Pelobi = Pelobi biasanya dipekerjakan oleh asosiasi, perusahaan, atau organisasi nirlaba untuk meyakinkan anggota pemerintah agar membuat keputusan yang akan menguntungkan organisasi atau perusahaan yang mereka wakili.
  5. Spesialis Komunikasi di organisasi nirlaba = Sebagai Spesialis Komunikasi, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir di kantor lokal yang memiliki jangkauan global. Badan nirlaba seperti World Vision dan Palang Merah menyediakan layanan global semacam itu.

Sudah siap memilih program studi satu ini?