*/?>

Universitas Negeri Jakarta: 12 Langkah Daftar PENMABA 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 May 2021
Sumber foto : UNJ
Sumber foto : UNJ

Meskipun terbilang kesempatan daftarnya cukup singkat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka lagi Jalur Tulis Mandiri tahun 2021! Jalur ini mirip seperti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), yaitu tingginya nilaimu akan menentukan keberhasilanmu diterima di UNJ. Bedanya, jika UTBK merupakan tes berbasis nasional, Jalur Tulis Mandiri UNJ adalah tes berbasis internal UNJ; soal tes akan dimodifikasi sesuai standar dan karateristik perguruan tinggi itu sendiri.

Ingin menjadi bagian dari UNJ tahun ini namun tak yakin lulus di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021? Kamu bisa ambil ancang-ancang dan mempersiapkan diri untuk Jalur Tulis Mandiri UNJ 2021! Tapi sebelum jauh-jauh, yuk pahami dulu cara daftar Jalur Tulis Mandiri UNJ yang dinamai PENMABA ini!

  1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan nomor handphone benar dan aktif karena akan digunakan untuk pendaftaran
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Kamu dapat memilih Kelompok : SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Kemudian kamu memilih program studi sesuai dengan yang kamu inginkan.
  4. Terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus dibayarkan. Kamu dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai kamu yakin. Jika kamu sudah yakin, tekan tombol simpan. Setelah kamu menekan tombol simpan, kamu tidak dapat merubah pilihan program studi, ya!
  5. Cetak tagihan. Kamu akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat nomor tagihan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI. Setelah kamu mencetak tagihan, kamu akan diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika kamu tidak melakukan pembayaran, kamu diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  6. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  7. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).
  8. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI.
  9. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  10. Isi data diri, orang tua dan sekolah. Isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor.
  11. Bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan.
  12. Mencetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ

P.S: Pendaftaran dibuka mulai 17 Mei 2021 - 2 Juli 2021. Jika tertarik, segeralah siapkan segala informasi pelengkap yang dibutuhkan saat mendaftar. Disarankan agar sudah selesai menginput data sebelum 2 Juli 2021 untuk menghindari error yang tidak diinginkan. Selamat berjuang!