*/?>

5 Buku Rekomendasi Oxford University untuk Mahasiswa Biologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 May 2021
Sumber gambar : mindler
Sumber gambar : mindler

Suka dengan dunia Biologi? Calon mahasiswa atau sudah jadi mahasiswa jurusan Biologi? Siapa pun kamu, jika kamu jatuh cinta pada sains yang menjelaskan banyak hal tentang 'bagaimana dan mengapa' ini, yuk melipir untuk lihat rekomendasi buku bacaan biologi yang bisa perluas pemahaman dan wawasanmu!

Di bawah ini merupakan 5 buku yang dianjurkan oleh Oxford University untuk dibaca! Buku-buku ini membahas tentang banyak hal: dari hewan, manusia, sampai alam! Ditulis dalam urutan paling bawah ke judul yang paling direkomendasikan, ini dia 5 buku biologi untuk kamu penyuka dan mahasiswa biologi!

5. Your Inner Fish: The Amazing Discovery of Our 375-Million-Year-Old Ancestor

"Your Inner Fish" menceritakan sejarah luar biasa tubuh manusia dan memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang hanya bisa dilakukan oleh evolusi. Mengapa kita berpenampilan seperti kita hari ini? Mengapa kita dapat melakukan semua hal berbeda yang kita lakukan? Dan, akhirnya, mengapa kita jatuh sakit seperti yang kita alami? Neil Shubin mengacu pada penelitian genetika terbaru dan pengalaman besarnya sebagai ahli paleontologi ekspedisi untuk menunjukkan dampak luar biasa dari 3,5 miliar tahun sejarah kehidupan pada tubuh kita. Dia membawa pembaca pada perjalanan yang menarik dan tak terduga dan memungkinkan kita untuk menemukan hubungan yang dalam dengan alam di tubuh kita sendiri.

4. Oxygen: The molecule that made the world

Menggambar di kanvas evolusi besar, Oxygen menawarkan perspektif baru tentang kehidupan dan kematian kita sendiri, menjelaskan penyakit pembunuh modern, mengapa kita menua, dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya. Memajukan ide-ide baru pewahyuan dan mengikuti rantai bukti, buku ini mencakup banyak disiplin ilmu, dari ilmu lingkungan hingga kedokteran molekuler. Hasilnya adalah visi sains kontemporer yang menawan dan sintesis manusiawi dari tempat kita di alam. Buku yang luar biasa ini mungkin saja mengubah cara kita berpikir tentang dunia.

3. Cuckoo: Cheating by Nature

Selama tiga dekade terakhir, Davies telah menggunakan observasi dan eksperimen lapangan untuk mengungkap detail "perlombaan senjata" evolusioner antara burung kukuk dan inangnya. Seperti seorang detektif, Davies dan rekan-rekannya mempelajari perilaku kukuk dewasa, tanda telur kukuk, dan untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kukuk hidup. Untuk penggemar burung dan evolusi, Cuckoo adalah eksplorasi liris dan memuaskan secara ilmiah dari salah satu adaptasi alam yang paling menakjubkan dan indah.

2. Why Evolution Is True

Dalam perdebatan terkini tentang kreasionisme dan desain cerdas, ada unsur kontroversi yang jarang disebutkan buktinya. Namun bukti evolusi melalui seleksi alam sangat luas, beragam, dan luar biasa. Dalam ringkasan singkat dan dapat diakses dari fakta-fakta yang mendukung teori seleksi alam, Jerry A. Coyne menghilangkan kesalahpahaman dan ketakutan umum tentang evolusi dan dengan jelas menegaskan kebenaran ilmiah yang mendukung proses perubahan yang menakjubkan ini. Menyatukan banyak rangkaian karya modern dalam genetika, paleontologi, geologi, biologi molekuler, dan anatomi yang menunjukkan "cap tak terhapuskan" dari proses yang pertama kali dikemukakan oleh Darwin, Why Evolution Is True tidak bertujuan untuk membuktikan bahwa kreasionisme salah. Sebaliknya, dengan menggunakan bukti yang tak terbantahkan, ia membuktikan bahwa evolusi benar.

1. The Animal Kingdom: A Very Short Introduction

Dunia hewan sangat beragam, dan pemahaman kita tentangnya telah sangat ditingkatkan oleh biologi molekuler dan studi tentang evolusi dan perkembangan ("evo-devo"). Selain itu, penelitian inovatif tentang gen, dan terutama keluarga kunci gen seperti gen Homeobox yang mengontrol perkembangan tubuh, telah menyebabkan perubahan radikal dalam klasifikasi hewan. Dalam The Animal Kingdom: A Very Short Introduction ini, Peter Holland menyajikan tur mutakhir tentang kerajaan hewan, memberikan ringkasan berwibawa tentang pandangan modern tentang kehidupan hewan, asal-usulnya, dan klasifikasi baru yang dihasilkan dari studi DNA. Dimulai dengan definisi hewan, Holland membawa pembaca melalui pengelompokan hewan (filum) tingkat tinggi baru yang revolusioner berdasarkan hubungan evolusioner dan keturunan.