*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 May 2021
Sumber foto : onlineschoolsreport
Sumber foto : onlineschoolsreport

Di mana ada peradaban, di situ ada kejahatan. Hal ini adalah perhatian global, baik dalam skala lokal maupun internasional. Studi akademis tentang kejahatan telah ada sejak lama, memeriksa segala sesuatu mulai dari mengapa orang melakukan kejahatan hingga bagaimana kejahatan dapat dicegah. Jurusan kriminologi mencakup pengantar kriminologi dan peradilan pidana, dan dapat mencakup kelas yang terkait dengan aspek sosial politik dari kejahatan, seperti hukuman mati, penyimpangan dan kontrol sosial, dan analisis kebijakan publik. Karena kriminologi adalah bidang yang berhubungan erat dengan hukum, mahasiswanya juga dapat mengambil kelas yang berkaitan dengan hukum pidana, termasuk topik seperti sejarah hukum, filsafat hukum, dan peradilan pidana. 

Apakah jiwamu tergerak untuk menjadi 'pencari kebenaran' di tengah hiruk-pikuk kejahatan? Pastikan pilihanmu dengan baca 5 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi bersama kuliahdimana.id!

Melihat Kejahatan Dari Sudut Pandang Berbeda

Seringkali, kejahatan dilihat sebagai hal yang sepenuhnya "buruk". Liputan media hampir selalu negatif, dan karena itu pelaku kejahatan terkadang bisa sedikit menakutkan. Tetapi salah satu hal utama yang coba dilakukan para kriminolog adalah melihat melampaui status quo “baik vs. jahat” dan memberikan pandangan yang lebih seimbang tentang kejahatan dan mereka yang melakukannya. Para kriminolog telah membantu menjelaskan alasan-alasan mendalam mengapa beberapa orang memilih untuk melanggar hukum, mengeksplorasi keadaan sosial, ekonomi dan psikologis di balik keputusan ini. Kriminologi juga mengeksplorasi rehabilitasi, meneliti metode terbaik untuk mendidik ulang dan merehabilitasi pelaku kejahatan sehingga mereka dapat bergabung kembali dengan masyarakat.

Menegakkan Keadilan

Kriminolog menggunakan tahun-tahun sekolah dan pendidikan mereka untuk memahami pikiran, motif, perilaku, dan pola prediksi individu berbahaya. Mereka telah membantu polisi mempersempit tersangka dalam banyak kasus kejahatan profil tinggi. Misal, Agen FBI seperti John Douglas mewawancarai tokoh psikopat seperti Charles Manson dan Son of Sam untuk mencari tahu mengapa beberapa orang melakukan kejahatan pembunuhan yang keji namun tidak merasa menyesal. Selain itu, kriminolog juga menggunakan keterampilan komputer dan pengetahuan statistik mereka untuk menganalisis tingkat kejahatan, menurut situs Legal Career Path. Statistik kejahatan dapat membantu penegakan hukum menentukan area masalah dan mengembangkan kebijakan komunitas dan strategi penegakan sebagai tanggapan.

'Greater Good'

Ada banyak survei yang menunjukkan bahwa alasan nomor satu orang masuk ke dalam dunia penegakan hukum dan karir kriminologi adalah karena mereka memiliki keinginan yang kuat untuk membantu orang lain. Ada beberapa bidang karir yang dapat kamu jajaki di luar sana, dengan degree kriminologi, yang menawarkan begitu banyak dan beragam peluang untuk melakukan hal itu. Misal, karir peradilan pidana akan memberimu kemampuan untuk membantu korban kejahatan sebagai advokat korban, atau kamu dapat membantu kepolisian dengan menjadi psikolog forensik, atau mengawasi kemajuan parolee atau masa percobaan sebagai petugas percobaan, pembebasan bersyarat atau kontrol komunitas.

Membuat Keputusan Tepat yang Cepat

Stereotip polisi lama tentang semakin berkurang; petugas penegak hukum saat ini dan profesional peradilan pidana lainnya harus berpikir cepat dan siap serta bersedia untuk menghadapi sejumlah tantangan. Terlepas dari bidang atau disiplin apa yang akhirnya kamu pilih untuk dikejar setelah lulus sebagai seorang kriminolog, apakah itu karir di bidang ilmu forensik atau kepolisian, kemampuanmu dalam memecahkan masalah hari demi hari akan terus diuji. Profesi di bidang kriminologi memang menuntut kesiapan mental karena publik menempatkan ekspektasi yang lebih tinggi pada pelindung dan pelayan publiknya. Karir ini menawarkan tantangan yang bermanfaat untuk membuat pekerjaanmu tetap menarik, baik kamu di tahun pertama atau ketiga puluh-mu.

Kejahatan Berkembang

Akhirnya, satu hal yang benar secara universal tentang kejahatan adalah bahwa kejahatan selalu berubah. Penjahat akan selalu menemukan cara baru untuk melanggar hukum, dan oleh karena itu mereka yang bertugas mencegah kejahatan harus selalu beradaptasi. Artinya studi tentang kejahatan selalu bergeser, selalu penuh dengan peluang baru untuk penelitian dan studi. Sebagai seorang kriminolog, ini membuka seluruh karir yang penuh dengan jalan baru yang menarik untuk dijelajahi. Berapa banyak karir yang kamu tahu yang dapat menawarkan hal itu?