*/?>

Panduan UTBK SBMPN 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 May 2021
Sumber gambar : SBMPN
Sumber gambar : SBMPN

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPTN) masih bergulir sampai 10 Juni 2021. Kalau kamu salah satu calon diploma yang sudah siap tempur, perlu lah mampir dan mengecek beberapa panduan saat hari-H Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPN yang akan dilaksanakan pada 12 - 15 Juni 2021 ini. Panduan dilansir dari panduan UTBK Politeknik Negeri Surabaya dikarenakan SBMPN dioperasikan mandiri oleh setiap politeknik; berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diatur langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Oleh karena itu, panduan di bawah hanya merupakan acuan; karena panduannya cukup general dan mungkin diterapkan di politeknik lain, namun tak menutup kemungkinan sedikit berbeda dari politeknik lain, misal soal perlu/tidaknya menyertakan hasil Rapid Test saat ujian. Berikut beberapa panduan yang bisa kamu lihat terlebih dahulu:

  1. Peserta harus datang ke lokasi ujian 1 (satu) jam sebelum ujian dimulai karena akan dilakukan proses screening kesehatan.
  2. Peserta tidak diperbolehkan melakukan survei lokasi sebelum ujian. Peserta bisa mengecek lokasi ujian dan denah gedung lokasi ujian
  3. Jumlah pengantar maksimal 2 (dua) orang. Para pengantar menurunkan peserta pada titiktitik lokasi yang telah ditentukan. Setiap kendaraan pengantar akan diberi stiker beserta informasi waktu penjemputan. Tidak tersedia parkir di lokasi ujian, pengantar harus meninggalkan lokasi UTBK setelah menurunkan peserta.
  4. Peserta tidak wajib melakukan Tes Swab atau Rapid.
  5. Peserta wajib menggunakan masker medis dan membawa masker cadangan 2 (dua) buah.
  6. Peserta wajib membawa hand sanitizer
  7. Peserta wajib melaksanakan physical distancing.
  8. Peserta harus sudah makan (pagi/siang) sebelum menuju lokasi UTBK.
  9. Peserta harus membawa minum sendiri.
  10. Peserta disarankan membawa face shield.
  11. Peserta disarankan membawa tisu kering.
  12. Peserta menghindari penggunaan kendaraan umum.
  13. Peserta akan diarahkan oleh petugas check point menuju gedung lokasi ujian.
  14. Sebelum memasuki gedung peserta harus mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah ditentukan.
  15. Peserta melaporkan kondisi kesehatan dengan jujur. Akan dilakukan screening kesehatan bagi peserta sebelum menuju ruang ujian;
  16. Setelah lolos screening peserta akan diarahkan menuju ruang tunggu/transit yang sudah disediakan. Di ruang tunggu peserta harus menyiapkan dokumen yang diperlukan sebelum memasuki ruang ujian.
  17. Pengawas akan melakukan pengecekan dokumen sebelum peserta memasuki ruang ujian.
  18. Kelengkapan yang wajib dibawa peserta UTBK
    • Kartu peserta UTBK diprint di kertas
    • Surat Keterangan Kelas 12* / Ijazah** diprint di kertas
    • Kartu Identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) asli
    • Masker medis cadangan 2 buah.
    • Hand sanitizer
    • Membawa ballpoint warna hitam
    • Membawa pensil 2B dan penghapus khusus untuk UJIAN MENGGAMBAR

*Disarankan agar selalu cek website resmi tiap politeknik agar informasi biaya dan tata tertib sesuai dengan politeknik tujuan. Kemudian, daftarkan diri sebelum 10 Juni 2021 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti laman pendaftaran yang error*

Selamat berjuang!