*/?>

Mengenal Program Studi Ilmu Sereal

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 May 2021
Sumber foto : Health Europa
Sumber foto : Health Europa

Serealia adalah tumbuhan seperti gandum, beras, jagung, barley, gandum hitam, oat, dan millet, yang menghasilkan biji-bijian yang menjadi basis suplai pangan dunia. Karena pentingnya sereal sebagai makanan bagi manusia dan hewan, bidang kimia sereal terus berkembang sebagai karir ilmiah yang penting hingga muncullah program studi Ilmu Sereal.

Ilmu Sereal adalah studi tentang komposisi, struktur, dan sifat sereal dan reaksi atau transformasi yang sereal alami selama proses olahnya. Meskipun bidang ini dapat dianggap sangat terspesialisasi, sebenarnya Ilmu Sereal memiliki cabang yang cukup beragam. Keragaman ini menjadi jelas ketika seseorang meninjau banyak area berbeda yang menggunakan keterampilan ahli kimia sereal.

Ahli sereal dapat bekerja pada penelitian dasar, memeriksa komponen biokimia sereal, termasuk karbohidrat, protein, lipid, dan enzimnya. Beberapa dari studi ini sangat teknis, menggunakan teknik analitik dan instrumentasi yang canggih. Selain itu, ahli kimia sereal dapat dipekerjakan oleh perusahaan makanan yang terlibat dalam aspek praktis produksi makanan — misalnya, dalam penggilingan tepung, pembuatan malting, proses brewing, atau pembuatan pasta. Di perusahaan makanan, ahli teknologi sereal mungkin terlibat dalam pengembangan produk atau kontrol kualitas, di mana pemahamannya tentang produksi makanan dapat digunakan untuk menilai produk untuk kualitas tinggi secara konsisten. Banyak individu yang terlibat dalam kimia sereal memperoleh pelatihan di bidang ilmu pangan, nutrisi, kimia (organik atau biokimia), atau pertanian.

Sayangnya, jurusan unik ini belum ada di  Indonesia. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Ilmu Sereal adalah Kansas State University di bawah fakultas Grain Science and Industry. Apa saja yang akan dipelajari dalam kurikulum?

  • Prinsip Penggilingan
  • Teknik Analisis Grains
  • Sains Sereal
  • Pengujian Tepung dan Adonan
  • Kimia Organik I & II
  • Kimia Pangan
  • Pemrosesan Ekstrusi di Industri Makanan dan Pakan
  • Sains Kue

Targetnya, mahasiswanya akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang komposisi, fungsi, dan pemanfaatan sereal yang memungkinkan mereka memecahkan dan menganalisis tantangan dalam bidang pekerjaan mereka. Lulusan Ph.D akan dapat lebih luas menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi sistem berbasis sereal untuk memenuhi tuntutan bidang pekerjaan mereka.