*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Publik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 31 May 2021
Sumber foto : plexxus
Sumber foto : plexxus

Pernah mendengar nama program studi Administrasi Publik? Jika belum, kamu bisa mulai berkenalan dengan program studi soshum satu ini bersama kuliahdimana.id! Nah, secara garis besar, administrasi pubik adalah sebuah program studi yang mempersiapkan individu untuk menjadi manajer di lengan eksekutif pemerintah dan yang berfokus pada studi sistematis organisasi dan manajemen eksekutif. Termasuk instruksi dalam peran, pengembangan, dan prinsip-prinsip administrasi publik; pengelolaan kebijakan publik; hubungan eksekutif-legislatif; proses anggaran publik dan manajemen keuangan; hukum administratif; manajemen personalia publik; etika profesional; dan metode penelitian.

Gelar administrasi publik akan memberimu pendidikan dalam fungsi dan praktik lembaga publik, baik pemerintah maupun sebaliknya. Administrasi publik juga menyentuh beberapa disiplin ilmu yang tumpang tindih, termasuk ekonomi, manajemen kota, sosiologi, peradilan pidana, dan ilmu politik. Pada tingkat sarjana dan magister administrasi publik, kamu akan dapat memilih konsentrasi yang sesuai dengan jalur karir yang kamu inginkan.

Apa saja sih alasan yang bisa jadi pertimbanganmu memilih program studi satu ini? Yuk simak 5 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Publik di bawah ini!

Peluang Untuk Berkembang yang Luas

Dengan gelar dalam administrasi publik, peluang luar biasa muncul dengan sendirinya bagi mereka yang memiliki dorongan dan ketekunan untuk mencarinya. Administrator publik sering kali mengalihkan pandangan mereka ke masalah terkait pemerintahan seperti manajemen kota, perencanaan kota, dan analisis kebijakan — posisi yang memungkinkan mereka memanfaatkan sepenuhnya keterampilan kepemimpinan yang mereka kembangkan selama belajar: melakukan penelitian komprehensif yang mendalam, menciptakan jaringan kontak yang berpengaruh, tim koordinasi dan mengawasi perkembangan kebijakan yang memiliki efek jangka panjang pada masyarakat.

Dapat Menyentuh Isu Penting dan Menciptakan Perubahan

Seorang profesional administrasi publik dapat bekerja di berbagai sektor dan masalah. Eksposur dan pengalaman terhadap masalah masyarakat menjadikan administrasi publik pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin membawa perubahan positif. Misal tentang isu:

  • HIV / AIDS / penyakit rentan lainnya
  • Kesehatan dan pendidikan yang berkualitas
  • Keamanan pasokan air dan makanan
  • Pengendalian perubahan iklim
  • Mengamankan negara dari terorisme, kejahatan, dan agen biologis
  • Membantu mantan narapidana memasuki masyarakat dan menjadi warga negara yang produktif

Networking

Program studi Administrasi Publik memberikan kesempatan untuk membangun jejaring dengan mahasiswa lain yang memiliki pengalaman berbeda. Mahasiswa program semacam itu akan bekerja di sektor publik dan akan memiliki akses ke jaringan profesional yang luas. Banyak program Administrasi Publik memiliki fokus internasional, mempelajari cara pemerintah dan ekonomi dunia lain menanggapi masalah publik, dan mereka juga menarik kelompok siswa dari seluruh penjuru dunia. Ini akan memberimu kesempatan unik untuk menumbuhkan jaringan internasional.

Dapat Bekerja di Pemerintahan

Bayangkan memainkan peran dalam menangani masalah-masalah penting seperti keamanan dalam negeri dan penanganan tunawisma. Hal tersebut adalah dua hal yang merubah hidup banyak orang sehingga dapat dikatakan, pekerjaanmu sebagai administrator publik akan sangat berdampak. Sukses di salah satu posisi ini bahkan dapat membuat seseorang mencalonkan diri sebagai walikota atau posisi kunci pengaruh politik lainnya. Selain itu, para profesional administrasi publik yang bekerja di pemerintahan menerima berbagai macam keuntungan. Pertama, gaji dan tunjangan pemerintah rata-rata bersaing dengan sektor swasta dan nirlaba. Individu dalam posisi ini dapat memanfaatkan jadwal kerja yang fleksibel serta peluang untuk maju dan berkembang secara profesional. Manfaat utama ini harus menjadi faktor pertimbanganmu untuk berkarir di administrasi publik.

Prospek S2

Pendidikan sarjana mungkin membatasi aksesmu ke tingkat yang lebih dalam dari minat karirmu. Mendapatkan gelar master dalam administrasi publik memungkinkanmu untuk fokus pada bidang tertentu yang dapat memperluas cakupan karir ke lebih banyak peluang.. Setelah gelar Master dari perguruan tinggi administrasi publik, kamu dapat memasuki bidang administrasi publik berikut:

  • Kebijakan Isu Kesehatan: Jika kamu ingin bekerja dalam peran manajerial dan administratif dalam sistem pemberian perawatan kesehatan, spesialisasi dalam kebijakan kesehatan bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Kebijakan dan Manajemen Publik: Spesialisasi ini akan mempersiapkanmu untuk posisi analis dan manajerial di organisasi sektor nonpublik.
  • Manajemen Darurat: Kamu akan belajar untuk mendukung komunitas, organisasi publik, dan komunitas pada saat darurat, seperti bencana alam dan terorisme.
  • Nirlaba dan Kepemimpinan Komunitas: Kamu akan dipersiapkan untuk peran kepemimpinan bagi organisasi yang bekerja menuju pengembangan sosio-ekonomi masyarakat.