*/?>

Jalur Prestasi Khusus Universitas Lampung 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Jun 2021
Sumber foto : UNILA
Sumber foto : UNILA

Dengan dibukanya tahun ajaran 2021/2022, Universitas Lampung (UNILA) membuka lagi jalur mandiri Prestasi Khusus 2021! Jika kamu merasa cukup berprestasi di bidang akademik, olahraga, seni atau keagamaan, kamu bisa mencoba daftar di UNILA tahun ini! Universitas Lampung melalui Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) membuka jalur Prestasi Khusus tahun 2021. Adapun tanggal penting tahapan Jalur Prestasi Khusus :

  1. Pendaftaran Online tanggal 2-21 Juni 2021, pada laman https://admisi.unila.ac.id.
  2. Pengiriman Berkas Pendaftaran Paling Lambat (cap pos/ekspedisi tanggal 21 Juni 2021).
  3. Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi  tanggal 1 Juli 2021.
  4. Seleksi wawancara dan/atau uji hafalan pada tanggal 10-11 Juli 2021.
  5. Pengumuman wawancara dan/atau uji hafalan tanggal 14 Juli 2021.

Syarat:

  1. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA)/Sederajat di Provinsi Lampung atau Luar Provinsi Lampung tapi merupakan putra/putri daerah Lampung yang dibuktikan dengan KTP siswa/orangtua berdomisili di Lampung lulusan Tahun 2019, 2020 dan 2021;
  2. Bagi lulusan    tahun    2019   dan    2020    telah    memiliki    ijazah SMA/ MA/ SMK/ MAK/sederajat.
  3. Bagi lulusan tahun 2021 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap.
  4. Nilai raport rata-rata setiap semester, dari semester I sampai semester VI minimal 75 (skala 100) atau 7,5 (skala 10).
  5. Memiliki prestasi/juara di bidang akademik/bidang olah raga/bidang seni dan/atau bidang keagamaan yang dibuktikan dengan memiliki piagam/sertifikat/medali;
    • Bidang Akademik:
      1. Juara 1 (satu) Olimpiade Sains dan IPS/Humaniora SMA sederajat minimal Tingkat Provinsi
      2. Lomba LCT Bidang IPA, IPS dan Olimpiade Sains, Matematika dan Komputer (OSAMAKOM) Tingkat SMA/MA Se-Provinsi Lampung dalam rangka Dies Natalies ke 55 Universitas Lampung tahun 2020.
    • Bidang Olahraga:
      1. Prestasi pada salah satu cabang olahraga minimal juara 1 di tingkat provinsi (PraPON, PORPROP), atau tingkat Nasional (O2SN, PON, Kejurnas) atau tingkat Internasional (Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan lain-lain).
      2. Event resmi yang diselenggarakan oleh induk Organisasi olah raga atau KONI (dibuktikan dengan surat rekomendasi).
      3. Diutamakan untuk kejuaraan bidang perorangan.
    • Bidang Seni  :
      1. Juara salah satu cabang seni pertunjukan minimal juara 1 (satu) tingkat Provinsi, yang   diselenggarakan    oleh    Instansi Pemerintah atau organisasi seni anggota Koalisi Seni Indonesia (KSI.
    • Bidang keagamaan:
      1. Hafiz Qur’an minimal 5 Juz atau Hafidz kitab Alfiyyah ibnu Malik minimal 500 bait serta mampu membaca kitab Fathul Qorib dengan benar, dibuktikan dengan Ijazah Tahfidz/ Surat Keterangan Pimpinan Pesantren.
      2. Juara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) atau Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat/surat keputusan yang dilegalisir oleh pihak yang berwenang.
      3. Prestasi minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi pada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional;\
      4. Prestasi minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi pada Dharma Wacana dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional.

Tertarik? Kamu dapat mendaftar secara online pada laman http://admisi.unila.ac.id. Pendaftaran dimulai tanggal 2 – 21 Juni 2021 dengan membayar uang pendaftaran (pembelian PIN) sebesar Rp. 200.000,00 melalui Bank BNI.

Catatan: 

  • Peserta wajib mengusulkan 3 (tiga) Program Studi lintas Fakultas sesuai jurusan asal Sekolah.
  • Jurusan IPA boleh memilih Prodi Saintek dan Soshum, sedangkan Jurusan IPS hanya Prodi Soshum saja.
  • Khusus Fakultas Kedokteran peserta wajib tidak buta warna dan sehat jasmani dan rohani (Jika dinyatakan lolos harus mengirimkan hasil tes tidak buta warna dan hasil tes kejiwaan/MMPI dari instansi yang berwenang).