*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 10 Jun 2021
Sumber gambar : savy
Sumber gambar : savy

Jika kamu mempertimbangkan untuk bekerja di perpustakaan, kamu mungkin ingin tahu lebih banyak tentang ilmu perpustakaan. Ilmu perpustakaan adalah bidang studi yang mengajarkan bagaimana mengelola buku dan informasi lainnya, terutama melalui pengumpulan, pelestarian, dan pengorganisasian buku dan bahan lain di perpustakaan. Nyatanya, Perpustakaan memainkan peran penting dalam pendidikan baik di sekolah dan perguruan tinggi dan di dalam komunitas lokal. Perpustakaan mengelola semakin banyak materi, termasuk DVD, CD, majalah, buku, dan sumber daya komputer. Selain mempelajari cara merawat sumber daya tersebut, pustakawan juga harus pandai melayani siswa atau masyarakat dengan membantu mereka mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut secara kreatif dan efektif.

Ingin lebih yakin dalam memilih jurusan Ilmu Perpustakaan dan berkarir di bidang pustaka? Berikut 5 alasan mengapa memilih Ilmu Perpustakaan adalah pilihan paling cocok untukmu!

Tak Ketinggalan Jaman

Pustakawan adalah penjaga informasi. Baik di perpustakaan umum atau di perusahaan, fakultas, atau fasilitas profesional, mereka bekerja untuk membantu komunitas lokal mereka menemukan informasi tentang hampir semua topik. Bahkan dengan Internet membuat sumber informasi tersedia di desktop siapa pun, peran pustakawan sama sekali tidak ketinggalan zaman. Pustakawan belajar menyaring banyak basis data, menyaring pencarian, memenuhi syarat sumber dan membantu memverifikasi informasi. Banyak perpustakaan memiliki akses ke basis data jarak jauh dan memelihara basis data terkomputerisasi mereka sendiri. Pustakawan juga membantu pengguna mengembangkan keterampilan pencarian mereka sendiri untuk masa depan.

Tempat Kerja yang Fleksibel

Pustakawan bekerja di perpustakaan untuk mengkurasi dan memelihara koleksi. Namun, ada sejumlah besar fleksibilitas dalam hal tempat mereka dapat bekerja. Pustakawan dapat bekerja di perpustakaan pemerintah, memelihara koleksi yang penting secara historis. Mereka dapat berspesialisasi dalam hukum dan memelihara perpustakaan hukum. Mereka juga dapat fokus pada pendidikan dan memilih untuk bekerja di perpustakaan sekolah, di mana mereka dapat berfungsi sebagai guru dalam banyak hal. Pustakawan sekolah, terutama di sekolah dasar, sering membuat rencana pelajaran dan menjalankan kelas tentang topik yang berhubungan dengan perpustakaan. Akhirnya, mereka dapat bekerja di perpustakaan umum, memelihara koleksi untuk digunakan masyarakat.

Pemenuhan Diri

Sarjana Ilmu Perpustakaan membantu lulusannya menjadi individu yang lebih berpengetahuan. Pustakawan belajar banyak tentang topik yang luas sehingga mereka sering mendapat informasi yang baik, terdidik dan memahami banyak hal tentang dunia di sekitar mereka. Membaca fiksi telah terbukti meningkatkan empati terhadap orang, budaya, dan sudut pandang yang berbeda. Pustakawan juga mendapatkan pengayaan pribadi yang kaya dari bekerja dengan pengunjung, mendiskusikan materi yang mereka sukai dan sering menjalin hubungan yang kuat. Pengayaan ini dapat membawa pustakawan untuk menjalani kehidupan yang lebih terpenuhi.

Selalu Dapat Berkembang dalam Karir

Dengan gelar ilmu perpustakaan, kamu dapat berspesialisasi dalam satu bidang, seperti akuisisi, katalog, bibliografi, referensi, koleksi khusus, atau administrasi. Pustakawan harus memiliki pengetahuan tentang berbagai macam sumber informasi ilmiah dan publik dan harus mengikuti tren yang berkaitan dengan penerbitan, komputer, dan media untuk mengawasi pemilihan dan pengorganisasian bahan perpustakaan. Ciri-ciri kepribadian lain yang akan membantu karirmu adalah kecintaan untuk mengorganisir dan memiliki rasa ingin tahu yang besar serta keinginan untuk tidak pernah berhenti belajar.

Relasi dengan Orang Banyak

Menjadi pustakawan akan cocok untukmu jika kamu menyukai interaksi dengan orang lain; membantu mereka menemukan informasi sampai bertukar pikiran. Dalam perjalanannya, pustakawan akan terus bertemu dengan berbagai macam orang dari latar belakang dan keperluan yang berbeda-beda. Di saat itulah, kamu dapat nemenuhi kecintaanmu pada interaksi sosial. Ujungnya, kamu mungkin menemukan banyak teman baru yang memiliki kesamaan bacaan atau hal-hal lainnya.