*/?>

Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, Apa Bedanya?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Jun 2021
Sumber gambar : Leverage Edu
Sumber gambar : Leverage Edu

Kamu calon mahasiswa yang masih ragu harus melangkah kemana? Belum yakin pilih perguruan tinggi negeri atau swasta? Kali ini, kuliahdimana.id akan menjawab kegundahanmu lewat 4 perbedaan paling umum perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Mana yang paling cocok untukmu, bisa kamu pertimbangkan setelah membaca 4 hal tentang PTN dan PTS di bawah ini!

Biaya Pendidikan

Bisa dibilang salah satu perbedaan terbesar antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta adalah biaya pendidikannya. Karena perguruan tinggi negeri sebagian besar didanai oleh pemerintah, perguruan tinggi negeri mampu membebankan biaya kuliah yang lebih rendah kepada mahasiswanya. Dengan kata lain, subsidi pemerintah menutupi biaya yang tersisa sehingga mahasiswa tidak perlu membayar harga penuh. Di sisi lain, perguruan tinggi swasta bergantung pada uang sekolah untuk sebagian besar pendanaan mereka sehingga biaya pendidikan biasanya jauh lebih tinggi. Saat ini, rata-rata harga kuliah di perguruan tinggi swasta empat tahun sekitar 250% lebih tinggi dari biaya rata-rata untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri.

Ukuran Kelas

Perguruan tinggi negeri cenderung lebih besar daripada perguruan tinggi swasta sehingga memungkinkan ukuran kelas yang lebih besar. Meskipun setiap mahasiswa memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda, mereka yang tidak menyukai 'anonimitas' yang datang dengan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi besar mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta yang mungkin sedikit lebih kecil. Ukuran kelas yang lebih kecil diterjemahkan ke lingkungan belajar yang lebih intim, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengenal lebih banyak anggota fakultas lebih baik.

Akreditasi

Sebuah perguruan tinggi dapat diakreditasi secara nasional, regional, atau tidak sama sekali. Akreditasi regional, yang dianggap sebagai standar emas akreditasi, dikaitkan dengan standar pendidikan tertinggi. Hampir semua perguruan tinggi negeri terakreditasi secara regional, sementara banyak perguruan tinggi swasta hanya terakreditasi secara nasional. Perguruan tinggi swasta tertentu, seperti sekolah yang berafiliasi dengan agama, mungkin lebih memilih akreditasi nasional (seperti dari badan akreditasi gereja) daripada akreditasi regional.

Fasilitas Penelitian

Manfaat lain dari pendanaan pemerintah untuk perguruan tinggi negeri adalah kemampuannya untuk menyediakan sejumlah besar fasilitas penelitian dan laboratorium. Sebaliknya, perguruan tinggi swasta cenderung memiliki sumber daya mahasiswa dan fasilitas penelitian yang lebih sedikit. Meskipun lusinan perguruan tinggi riset swasta serupa dalam hal ini, sebagian besar perguruan tinggi swasta yang lebih kecil tidak dapat menandingi upaya penelitian yang disediakan perguruan tinggi negeri.

Jadi, harus pilih yang mana?

Tidak ada jawaban benar atau salah karena setiap mahasiswa memiliki kebutuhan, keinginan, dan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda yang dapat mempengaruhi pilihan perguruan tinggi. Solusinya? luangkan waktu untuk mempertimbangkan pro dan kontra dari kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta sebelum membuat keputusan!