*/?>

Bukan Soal Popularitas, Ini Dia Indikator Lain Universitas Berkualitas

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Jun 2021
Sumber foto : The Conversation
Sumber foto : The Conversation

Memasuki babak baru pendidikan tinggi selalu tampak menggairahkan; mengingat makin dewasanya diri. Pada saat yang sama, mungkin kamu juga mulai bimbang karena setiap pilihan ada di tanganmu seutuhnya. Jika saat SMA kamu masuk ke sekolah pilihan orang tua, masuk ke perguruan tinggi bisa jadi berbeda di mana kamu bisa menyuarakan sendiri langkah apa yang ingin kamu tempuh. Untuk membantu langkahmu menetapkan pilihan yang paling baik, berikut beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat memilih perguruan tinggi!

Brand perguruan tinggi dan popularitasnya memang selalu jadi neraca hitung tetapi selain brand, kamu juga harus ingat bahwa ada:

Kualitas Akademik

Mungkin hal yang paling jelas untuk dicari di perguruan tinggi adalah jangkauan dan kualitas program akademik universitas. Perguruan tinggi yang menawarkan jurusan yang luas memiliki budaya kampus yang lebih beragam. Plus, ini memungkinkanmu untuk menjelajahi berbagai mata kuliah berbeda jika kamu belum benar-benar menentukan jalur karir sebelum menghadiri kursus perguruan tinggi pertamamu. Sebuah perguruan tinggi yang terkenal dengan bidang studi tertentu dapat menawarkan fakultas terbaik.

Peluang

Perguruan tinggi yang 'baik' adalah perguruan tinggi yang dapat memberi peluang untuk penempatan berbasis pekerjaan sedini mungkin dalam gelar dengan penempatan yang diperpanjang, seperti magang (mulai dari enam minggu hingga satu semester penuh), menjelang akhir gelar, tidak hanya secara lokal, tetapi di luar negeri jika memungkinkan, dapat dipraktikkan dan dapat memberi koneksi industri untuk jaringan, atau bahkan peluang kerja sebesar-besarnya.

Memungkinkan 'Room To Grow'

Faktor ketiga keberhasilan adalah kombinasi dari kebebasan, otonomi dan kepemimpinan. Perguruan tinggi kelas dunia biasanya berkembang dalam lingkungan yang mendorong daya saing, penyelidikan ilmiah tanpa batas, pemikiran kritis, inovasi, dan kreativitas. Lembaga yang memiliki otonomi penuh juga lebih gesit, karena tidak terikat oleh birokrasi yang kaku dan standar yang dipaksakan dari luar. Akibatnya, mereka dapat mengelola sumber daya mereka secara efisien dan cepat menanggapi tuntutan pasar global yang berubah dengan cepat.

Bantuan Finansial

Sekarang, kamu memiliki satu lagi, aspek singkat untuk menemukan perguruan tinggi yang bagus: biayanya dan jumlah bantuan keuangan yang ditawarkannya. Jika membandingka perguruan tinggi negeri dan swasta, maka jelas, perguruan tinggi negeri menawarkan biaya pendidikan lebih rendah. Tetapi, perguruan tinggi swasta, yang biasanya bersponsor juga dapat membuka banyak peluang beasiswa. Tentukanlah perguruan tinggi mana yang paling menguntungkan secara finansial!