*/?>

7 Jurusan yang 'High Demand' Di Masa Depan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Jun 2021
Sumber gambar : Odyssey
Sumber gambar : Odyssey

Kebutuhan dunia selalu berkembang dan menuju pembaruan. Jika beberapa tahun lalu kita belum mengenal Artificial Intelligence, hari ini, perkembangannya sudah luar biasa. Jika dulu bercocok tanam dilakukan manual, kini kita mengenal Genetic Modified Organisms. 

Kemudian, mengikuti perkembangan dunia yang makin 'maju' itu, pendidikan pun diwajibkan menghasilkan ahli-ahli baru yang dapat mempertahankan bahkan mengembangkan produk-produk mumpuni untuk memenuhi kebutuhan manusia sebab pasarnya akan makin besar mengikuti demand masyarakat akan berbagai hal-hal penunjang kehidupan itu. Dari informasi, kesehatan, keuangan, pangan sampai teknologi, ini dia 7 jurusan perguruan tinggi yang tak akan menua diterpa kemajuan jaman!

Keamanan Siber

Program studi Keamanan Siber akan mengajarkanmu cara melindungi sistem operasi komputer, jaringan, dan data dari serangan dunia maya. Kamu akan belajar cara memantau sistem dan mengurangi ancaman saat terjadi. Faktanya, saat ini, masyarakat bergantung pada jaringan global dan sistem informasi yang sangat kompleks untuk menjalankan organisasi, berkomunikasi, dan mendukung infrastruktur penting lainnya. Seorang profesional keamanan siber membantu melindungi sistem ini. 

Ahli Keamanan Siber diperlukan di perusahaan dari semua bidang, tetapi terutama di lembaga keuangan, perawatan kesehatan, dan bahkan pendidikan, di mana transaksi, aset, dan catatan banyak orang perlu dilindungi.. Ada beberapa posisi yang bisa kamu tempati di bidang ini dengan gaji yang sama besar dan permintaan tinggi untuk keterampilan teknis, perhatian terhadap detail, mentalitas pemecahan masalah, dan kemampuan untuk menganalisis risiko

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan program studi yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk desain, analisis, verifikasi, validasi, implementasi, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak komputer menggunakan berbagai bahasa komputer. Termasuk instruksi dalam matematika diskrit, probabilitas dan statistik, ilmu komputer, ilmu manajerial, dan aplikasi untuk sistem komputer yang kompleks.

Seluruh program studinya dirancang untuk mengajarkanmu keterampilan desain dan pengembangan perangkat lunak dengan fokus pada praktik yang bertanggung jawab secara etis dan sosial. Kamu akan belajar sambil membangun latar belakang yang kuat di bidang teknik dan manajemen proyek untuk maju di bidang karir yang didorong oleh teknologi saat ini.

Farmasi

Jurusan farmasi berhubungan erat dengan matematika dan sains serta minat dalam kedokteran, termasuk penemuan dan pengembangan obat dan bagaimana tubuh manusia bereaksi terhadap komponen obat. Jurusan ini mungkin cocok untuk mereka yang ingin membentuk masa depan lini kesehatan di laboratorium, penelitian atau yang pada akhirnya ingin mendaftar ke sekolah kedokteran.

Berikutnya, jurusan farmasi juga sangat erat kaitannya dengan jenis obat dan cara meraciknya (tentunya campuran obat tersebut diracik sesuai standar yang ada). Jika kamu lulusan jurusan farmasi, maka kamu pasti akan mengenal berbagai jenis obat. Pengetahuan yang kamu dapatkan ketika mengambil jurusan farmasi tentang jenis-jenis obat dan fungsinya serta cara meracik obat sesuai standar, dapat menjadi bekalmu di kemudian hari ketika seseorang membutuhkan bantuanmu.

Ilmu Pertanian

Merupakan sebuah program studi yang berfokus pada prinsip-prinsip umum dan praktik penelitian produksi pertanian dan yang dapat mempersiapkan individu untuk menerapkan pengetahuan ini pada solusi masalah pertanian praktis. Termasuk pengetahuan dalam ilmu hewan, tumbuhan, dan tanah dasar; peternakan dan budidaya tanaman; konservasi tanah; dan operasi lahan lainnya seperti pertanian, peternakan, dan bisnis pertanian.

Mahasiswanya akan dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui pengalaman langsung, magang, dan peluang belajar lainnya di mana mereka menerapkan pelatihan mereka di berbagai bidang seperti bisnis, perdagangan, pertanian, dan irigasi. Gelar sarjana dalam Ilmu Pertanian dapat mengarah pada karir di berbagai jenis pertanian, bidang yang berhubungan dengan makanan atau ilmu yang berhubungan dengan pertanian.

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari cara penyampaian pesan menggunakan ekspresi kreatif untuk mencapai tujuan tertentu, seperti memberikan informasi atau persuasi (seperti dalam periklanan). Teknik dan media yang menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan juga dipelajari. Yang menarik di sini adalah desainer komunikasi visual harus mampu mengolah pesan secara efektif, informatif, dan komunikatif.

Lingkup pekerjaan seorang desainer komunikasi visual sangat luas, mulai dari mendesain label produk, logo yang mencerminkan institusi atau perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye suatu program, hingga desain iklan media massa sehingga dapat disimpulkan bahawa lulusan Desain Komunikasi Visual berbeda dengan seniman (dalam hal ini seniman grafis) yang karyanya diciptakan sebagai ekspresi pribadinya. Karya-karya yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih menekankan pada konsep yang ditujukan kepada khalayak sasaran.

Ilmu Komunikasi

Peran komunikasi dan media dalam masyarakat adalah tema sentral dari Ilmu Komunikasi. Dalam program studi ini, kamu akan mempelajari isi, penggunaan, efek komunikasi dan berbagai bentuk media, dari radio dan televisi hingga surat kabar dan internet. Beberapa pertanyaan yang dibahas dalam program studi ini adalah: Bagaimana hiburan mempengaruhi kehidupan anak muda? Apa peran media dan komunikasi dalam partisipasi politik dan kewarganegaraan?  atau Apa dampak dari komunikasi dan iklan kesehatan?

Ilmu Komunikasi adalah program gelar yang ideal jika kamu tertarik pada masyarakat, media, dan komunikasi. Kamu akan ditantang untuk mendekati proses komunikasi dari berbagai sudut dan setelah lulus mungkin tertarik untuk bekerja sebagai peneliti opini publik, ahli strategi media sosial, editor berita, pemimpin kampanye atau juru bicara, misalnya.

Bisnis

Mahasiswa dalam jurusan bisnis mempelajari pengetahuan bisnis dasar di bidang akuntansi, bisnis internasional, keuangan, pemasaran, manajemen proyek, ekonomi, dan banyak lagi. Jika kamu memilih program studi ini, kamu akan belajar bagaimana berbagai jenis perusahaan berfungsi dalam ekonomi lokal dan global. Dengan jurusan umum bisnis/perdagangan, kamu akan memiliki pilihan karir yang luas. Manajemen umum, kepemilikan bisnis, dan pekerjaan di sebuah perusahaan adalah jalur karir yang layak bagi mereka yang memiliki latar belakang bisnis.

Mahasiswa jurusan bisnis harus memiliki kepemimpinan yang kuat, keterampilan manajemen organisasi waktu, dan kenyamanan dalam berbicara di depan umum. Pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan negosiasi sangat membantu untuk berhasil di dalam dan di luar kelas. Untuk merasakan pekerjaan dalam dunia bisnis yang sesuangguhnya, kamu dapat melamar magang di berbagai jenis organisasi untuk mendapatkan pengalaman langsung.