*/?>

9 PTN Jalur Mandiri Menggunakan Skor UTBK-SBMPTN 2021

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Jun 2021
Sumber gambar : Siedoo
Sumber gambar : Siedoo

Masih kah kamu menyimpan kartu peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang kamu gunakan beberapa waktu lalu? Kalau kamu masih menyimpannya, maka kesempatan tes kedua, yaitu tes untuk Jalur mandiri, dapat kamu raih!

Nah, seperti yang sudah-sudah, jalur mandiri perguruan tinggi negeri biasanya membuka kesempatan untuk mereka yang hendak mencoba lagi setelah gagal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Itu artinya, kamu bisa diterima di perguruan tinggi impianmu melalui jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK, nilai UTBK + Tes Mandiri (biasanya juga merupakan Computer Based Test setara UTBK), nilai UTBK + Rapor atau mekanisme lain yang ditentukan sendiri oleh perguruan tinggi masing-masing.

Kemudian, untuk bisa ikut jalur mandiri ini, salah satu syaratnya adalah menunjukkan kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021. Jadi, meskipun benar kamu sudah mengikuti UTBK-SBMPTN, tanpa kartu peserta sebagai bukti, legitimasimu sebagai peserta jalur mandiri akan hilang. Bukti ini diikuti dengan biaya pendaftaran yang bervariasi tiap perguruan tinggi namun biasanya sedikit lebih mahal dari biasa pendaftaran UTBK-SBMPTN; kira-kira di kisaran angka 350 ribu rupiah.

Ingin melacak perguruan tinggi negeri mana saja yang membuka jalur mandiri menggunakan nilai UTBK-SBMPTN 2021? Yuk lihat daftarnya di bawah ini!

Perguruan Tinggi Mekanisme Jalur Mandiri Link Pendaftaran
Institut Pertanian Bogor UTM-BK IPB https://admisi.ipb.ac.id/
Institut Teknologi Bandung SM-ITB https://admission.itb.ac.id/
Universitas Gadjah Mada UTUL UGM https://um.ugm.ac.id/
Universitas Padjajaran SMUP http://smup.unpad.ac.id/
Institut Teknologi Sepuluh Nopember SKM-ITS https://smits.its.ac.id/
Universitas Negeri Yogyakarta PMB UNY http://pmb.uny.ac.id/
Universitas Sebelas Maret SPMB UNS https://spmb.uns.ac.id/
Universitas Jendral Soedirman SPMB Unsoed http://spmb.unsoed.ac.id/
Universitas Negeri Malang SPMB UM http://home.seleksi.um.ac.id/


Banyak dari jalur ini yang masih membuka pendaftaran dan baru ditutup pada akhir bulan Juni 2021, disarankan agar segera mendaftarkan diri sambil memastikan semua dokumen pendukung lengkap!