*/?>

7 Jurusan Kuliah STEM Prospek Karir Cemerlang Untuk Anak IPA

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Jun 2021
Sumber gambar : Antonpaar
Sumber gambar : Antonpaar

Memilih masuk jurusan IPA saat SMA bukan tentu tanpa alasan. Selain karena jago mengolah angka, mungkin kamu juga sudah memperhitungkan prospek karirmu di masa depan; hendak menjatuhkan pilihan pada profesi apa dan bagaimana masa depan profesi itu akan berakhir: apakah akan dilupakan jaman atau justru semakin tinggi permintaannya. 

Kalau konteksnya IPA, maka lingkupnya terdekatnya Science, Technology, Engineering, and Math. Disiplin pendidikan ini adalah dasar dari STEM, istilah longgar yang digunakan untuk menggambarkan pendidikan dan karir yang berhubungan langsung dengan ilmu-ilmu sains. Jenis pendidikan ini, dan karir yang mengikutinya, sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang sebuah negara di mana kebutuhan akan ahli STEM untuk meningkatkan obat-obatan, mengurangi dampak lingkungan, menemukan cara yang lebih efisien untuk memproduksi, dan mengembangkan fasilitas berkualitas tinggi adalah garda terdepan sebuah kemajuan.

Dengan kebutuhan ahli-ahli sains, teknologi, teknik dan matematika baru yang tak akan berhenti, kamu lulusan SMA IPA  bisa mempertimbangkan masuk jurusan-jurusan STEM berpenghasilan tinggi dengan peluang karir cemerlang di bawah ini!

Teknik Perminyakan

Energi adalah industri penting di abad ke-21, dan sementara teknologi terbarukan mendapat banyak perhatian, industri perminyakan tetap menjadi area penting bagi jurusan STEM. Dengan gelar di bidang teknik perminyakan, siswa belajar merancang peralatan untuk ekstraksi dan penggunaan minyak dan gas sambil mempertimbangkan banyak faktor ekonomi dan lingkungan.

Teknik Komputer

Teknik komputer adalah pendidikan umum bagi orang-orang yang ingin bekerja sebagai insinyur perangkat keras komputer, yang merupakan salah satu karir STEM bergaji tinggi yang tersedia saat ini. Insinyur perangkat keras membuat berbagai macam peralatan komputer dan sering menguji dan menganalisis perangkat keras yang mereka buat. Mereka juga dapat ditugaskan untuk memperbarui perangkat keras komputer yang ada atau mengelola pembuatan perangkat baru.

Matematika

Matematika adalah jurusan yang bagus untuk siapa saja yang tertarik dengan karir STEM dan menunjukkan kemahiran untuk aljabar, kalkulus, dan jenis matematika lainnya. Matematikawan tidak hanya menyelesaikan persamaan, mereka benar-benar mengembangkan cara baru dalam melakukan matematika, yang bisa sangat berguna untuk jurusan STEM lainnya.

Teknik Dirgantara

Siswa yang mahir dalam matematika, fisika, dan kimia mungkin sangat cocok untuk gelar di bidang teknik kedirgantaraan. Selama pendidikan ini, mereka akan menggunakan studi lapangan dan kelas untuk memahami struktur dan sains di balik pesawat ruang angkasa dan pesawat terbang paling canggih. Mereka juga akan belajar bagaimana mengembangkan inovasi baru, menjadikannya penting bagi industri kedirgantaraan.

Teknik Nuklir

Posisi sebagai insinyur nuklir umumnya diperuntukkan bagi para profesional dengan gelar master dan doktor, namun lulusan sarjana mungkin dapat masuk ke profesi dengan gelar sarjananya dalam ilmu dan teknik nuklir. Permintaan ahli nuklir mungkin turun selama beberapadekade, tetapi masih ada peluang naiknya kebutuhan akan ahli-ahli ini di masa depan.

Pengembangan Perangkat Lunak

Seorang mahasiswa dengan gelar dalam pengembangan perangkat lunak akan belajar bagaimana menganalisis kebutuhan dan merancang program komputer untuk mencapai tujuan tertentu. Mereka dapat membuat aplikasi atau merencanakan bagian atau keseluruhan program.

Teknik Kimia

Gelar yang luas ini mencakup pengembangan dan desain produk yang melibatkan perubahan kimia dan biologi. Insinyur kimia dapat terlibat dalam produksi obat-obatan, makanan, bahan bakar, bahan kimia rumah tangga, dan zat yang digunakan dalam mekanika. Mereka sering terlibat dalam pengembangan proses manufaktur tetapi juga dapat bekerja pada masalah keselamatan dan kesehatan yang melibatkan kimia.

Mau lihat opsi jurusan teknik lainnya yang mungkin akan cocok untuk kamu lulusan SMA IPA? Kamu bisa lihat di 10 Jenis Jurusan Teknik yang Kamu Wajib Tahu!