*/?>

7 Universitas Swasta Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Jul 2021
Sumber gambar : trinet
Sumber gambar : trinet

Sistem informasi adalah bidang karir dinamis yang berfokus pada penggunaan teknologi informasi untuk mencapai tujuan bisnis dan tujuan operasional. Lulusan sistem informasi akan memiliki keterampilan dan wawasan yang diperlukan untuk memahami proses bisnis dan teknologi. Beberapa posisi sistem informasi akan lebih teknis daripada analitis tergantung pada posisi apa yang lulusan ambil di korporasi.

Sebagai program studi, Jurusan Sistem Informasi (SI) akan sangat ideal untuk mereka dengan minat dalam ilmu komputer, bisnis, dan teknologi informasi—dan yang ingin menjelajahi kemungkinan menarik yang muncul di lika-liku program studi ini multidisipliner ini. Kamu salah satu calon mahasiswa yang punya ketertarikan di tiga bidang tersebut? Jika iya, ini adalah saat yang tepat untukmu memilah mana saja sih universitas swasta dengan Jurusan Sistem Informasi yang kualitasnya bisa diacungi jempol! Ini Dia 7 Universitas Swasta Jurusan Sistem Informasi Terbaik versi kuliahdimana.id!

Universitas Telkom, Bandung

Sistem Informasi Universitas Telkom

Program studi Sistem Informasi di Universitas Telkom menekankan pada bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bisnis atau organisasi serta mampu memberikan evaluasi terhadap nilai strategis dari pemanfaatan TIK dalam pencapaian tujuan organisasi. Mahasiswanya akan banyak mempelajari mengenai fungsi bisnis yang ada di organisasi, bagaimana memodelkan dan melakukan perbaikan proses bisnis, melakukan analisis dan desain untuk menciptakan sistem informasi yang dibutuhkan oleh organisasi, serta memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis, berkomunikasi yang baik dan beretika profesional. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Arsitektur Enterprise
  2. Sistem dan Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Proyek Sistem Informasi
  4. Pengembangan Aplikasi Web
  5. Dasar Sistem Operasi
  6. Keamanan Sistem Informasi
  7. Rekayasa Perangkat Lunak: Capstone Project
  8. Manajemen Layanan
  9. Pengembangan Aplikasi Bergerak
  10. Manajemen Jaringan Komputer

Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara

Program studi Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara bertujuan membekali mahasiswanya dengan wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan sistem informasi, tren penggunaan dan kebutuhan sistem informasi strategis bagi perusahaan (corporate information systems), penggunaan sistem informasi yang berbasis e-business, serta pengetahuan teknologi dan bisnis yang dapat diaplikasikan dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Mahasiswa akan diarahkan menjadi seorang pakar di dalam perencanaan strategi dan pemanfaatan SI/TI guna mendukung kinerja bisnis sebuah organisasi. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Keamanan Sistem Informasi
  2. Sistem Informasi Analitik
  3. Pengembangan Aplikasi Berbasis Web
  4. Media Digital dan Baru
  5. Desain e-Business
  6. Basis Data Terapan
  7. Penambangan Data dan Teks
  8. Analisis Bisnis
  9. Komputasi Kolaboratif
  10. Pengembangan Aplikasi Seluler

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Program studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dirancang agar mahasiswanya dapat memiliki kemampuan untuk memberikan solusi sistem informasi berdasarkan permasalahan bisnis, serta menggali dan mengevaluasi nilai strategis dari pemanfaatan TI tersebut untuk mencapai tujuan organisasi. Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya juga telah menggunakan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir analitis dan kritis, kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, kemampuan bekerja dalam tim yang kuat dan berkarakteristik professional,  kreatif dan kompetitif. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Manajemen Proyek Sistem Informasi
  2. Tata Kelola Teknologi Informasi
  3. Ekonomi Sistem Informasi
  4. Arsitektur Perangkat Lunak
  5. Rekayasa Kebutuhan Sistem
  6. Informatika Sosial
  7. Sistem Informasi  Berbasis Web
  8. Logika Informatika
  9. Statistika Inferensia
  10. Manajemen Layanan Teknologi Informasi

Universitas Gunadarma, Jakarta

Sistem Informasi Universitas Gunadarma

Program studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma menitikberatkan pada pengajaran dan pembinaan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, bermoral, memiliki wawasan dan inovasi yang luas, etika profesional serta mampu mengembangkan sistem informasi dengan mengimplementasikan teknologi informasi terkini pada beberapa bidang aplikasi. Mahasiswanya diharapkan mampu menganalisis, memformulasikan permasalahan dan mencari metode serta merancang model penyelesaian masalah yang terkait dengan pengembangan sistem informasi khususnya bidang asuransi dan keuangan, perbankan dan perencanaan sumber daya. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Algoritma & Pemrograman
  2. Matematika Sistem Informasi
  3. Sistem Kecerdasan Buatan
  4. Aplikasi Multimedia dan Animasi
  5. Sistem Jaringan Komputer
  6. Organisasi & Arsitektur Komputer
  7. Sistem Penunjang Keputusan
  8. Testing dan Implementasi Sistem
  9. Pemrograman Perangkat Mobile
  10. Perancangan Sistem Informasi Skalabilitas

Universitas Multimedia Nusantara, Serpong

Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara

Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara berspesialisasi dalam Business Intelligence & ERP (Enterprise Resource Planning); bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memahami proses bisnis di berbagai organisasi secara umum (jual-beli, perencanaan produksi, HRD, ritel, logistik, jasa, pendidikan, pemerintahan, dll) dalam praktik yang baik dan berkualitas. Mereka juga akan dapat memproses informasi yang tidak teratur menggunakan metodologi data mining dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dimengerti, merancang arsitektur teknologi informasi dari suatu sistem informasi untuk meningkatkan kinerja organisasi menjadi transparan, aman, cepat, akurat, efektif, dan kompetitif. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Dasar Pemrograman
  2. Teknologi sistem informasi
  3. Manajemen sistem informasi
  4. Algoritma dan struktur data
  5. Enterprise Resource Planning
  6. Sistem Database
  7. Sistem Operasi
  8. Data Warehouse
  9. Sistem Informasi Mobile
  10. Etika Bisnis

Universitas Petra, Surabaya

Sistem Informasi Universitas Petra

Program studi Sistem Informasi Universitas Petra terfokus pada bidang bisnis dan menggunakan kurikulum berbasis Outcome-Based Education dan Leadership Enhancement Program, yang dibuat untuk menjawab kebutuhan industrial revolution 4.0/society 5.0, real-world experience/skills, dan international accreditations & standards. Kurikulum ini mempunyai dua konsentrasi yaitu Enterprise Information System dan Data Analytics. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Matematika Bisnis
  2. Teknologi Web
  3. Analisis dan Desain Sistem Informasi
  4. Sistem Informasi Manufaktur 
  5. Technopreneurship
  6. Industrial Training
  7. Tata Kelola Teknologi Informasi
  8. Analisis Proses Bisnis
  9. Sistem Operasi
  10. Basis Data Lanjut

Universitas Surabaya

Sistem Informasi Universitas Surabaya

Program Sistem Informasi Universitas Surabaya mengajarkan mahasiswanya pengembangan dan penerapan TIK untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Melalui metode yang efisien dan efektif, “informasi” dapat diciptakan, diproses, didistribusikan, dan diintegrasikan ke dalam proses bisnis yang ada.Tujuannya adalah menghasilkan lulusan unggul pada jenjang pendidikan tinggi bidang keilmuan teknik informatika yang memiliki karakter, kompetensi keilmuan dan keterampilan untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri. Mata kuliah yang ditawarkan antara lain:

  1. Teknik Perangkat Lunak
  2. Struktur Data
  3. Statistik
  4. Jaringan Komputer
  5.  Artificial Intelligence Dasar
  6. Pemrograman Web
  7.  Manajemen Sumber Daya Manusia
  8. Database Terapan
  9. Pemrogaman Terdistribusi
  10. Metode Numerik