*/?>

Mau Daftar Prakerja Gelombang 18? Begini Caranya!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 29 Jul 2021
Sumber gambar : liputan6
Sumber gambar : liputan6

Para fresh graduate yang berniat gabung dengan program Prakerja, kencangkan sabuk pengaman karena Prakerja Gelombang 18 akan segera dibuka! Pembukaan Prakerja ini dipastikan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani sendiri melalui keterangan pers, Senin, 5 Juli 2021 lalu. Katanya, pemerintah sudah menyiapkan dana sampai 10 triliun rupiah untuk menjaring 2,8 peserta prakerja baru.

"Program Kartu Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi di Juli-Agustus," ujar Sri Mulyani melalui Youtube Sekretariat Kepresidenan kala itu. Meskipun bulannya sudah diumumkan, kepastian tanggal pembukaannya belum keluar. Sampai saat ini manajemen pelaksana program (PMO) Kartu Prakerja masih terus berkoordinasi dengan Komite Cipta Kerja untuk keberlanjutan program Kartu Prakerja. Keputusan baru akan diambil jika mekanisme Prakerja Gelombang 18 sudah benar-benar tertata rapi.

Nah, sambil menunggu tanggal pembukannya, yuk bersiap-siap dulu! Langkah pertama yang mesti kamu tahu adalah tentu cara mendaftarkan diri di program Prakerja ini. Terdapat 14 langkah yang mesti kamu lalui agar eligible sebagai kandidat program Prakerja. Langkah-langkah tersebut bisa kamu lihat di sini.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 18 

  1. Buka laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  2. Masukkan email dan password, lalu klik Daftar. Notifikasi via email akan masuk
  3. Buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email. Pada tahap ini akun di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar sudah siap.
  4. Lakukan login dan isi informasi yang diminta
  5. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan
  6. Lengkapi data diri dan unggah foto e-KTP. Pastikan e-KTP asli dan berwarna
  7. Lakukan verifikasi nomor handphone dengan klik Kirim.
  8. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP, klik Verifikasi.
  9. Isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
  10. Berikutnya, lakukanlah Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi
  11. Ikut seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili, lalu klik Gabung
  12. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung
  13. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya
  14. Tahap pendaftaran selesai.

Setelah selesai mendaftar, kamu hanya perlu menunggu pendaftaranmu dievaluasi. Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang. Jika kamu belum lolos, kamu bisa ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun kamu. Jika lolos Prakerja Gelombang 18, kamu bisa mendapatkan bantuan dana sebesar 3,55 juta rupiah yang pembagiannya adalah:

  • Insentif pelatihan senilai 1 juta rupiah
  • Uang tunai sebesar 2,4 juta rupiah yang diberikan sebesar 600.000 rupiah dalam empat bulan sebagai insentif pasca pelatihan
  • Insentif survei 150.000 rupiah untuk tiga kali survei

Semoga berhasil!